Kisah Zheng Yu: Tunggal Putri China yang Berubah jadi Ganda Penghancur Para Raksasa

Senin, 2 Januari 2023 22:07 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Zheng Yu, namanya melekat sebagai pasangan Zhang Shu Xian di ganda putri China, yang kini identik dengan musuh besar Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Copyright: © PBSI
Zheng Yu, namanya melekat sebagai pasangan Zhang Shu Xian di ganda putri China, yang kini identik dengan musuh besar Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

INDOSPORT.COM – Zheng Yu, namanya melekat sebagai pasangan Zhang Shu Xian di ganda putri China, yang kini identik dengan musuh besar Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Namun tahukah bahwa Zheng Yu sebenarnya berangkat dari pebulutangkis tunggal putri di masa awal karier sebelum akhirnya jadi penjegal para raksaka ganda putri seperti sekarang.

Melansir laman Badminton Magazine, sejak kecilnya, Zheng Yu telah menjadi anak yang aktif dan tidak bisa berdiam diri dengan dirinya.

Perempuan asal China kelahiran 7 Februari 1996 tersebut kemudian masuk ke sekolah olahraga. Dia nyaris jadi atlet basket, sebelum akhirnya bertemu pelatih bulutangkis yang mengubah hidupnya.

Untuk pertama kalinya, Zheng Yu meninggalkan kampung halamannya di Shandong demi bisa mengikuti program bulutangkis di klub Jiangsu, China.

Zheng Yu berlatih siang dan malam tanpa henti. Tentu saja dia berlatih untuk sektor tunggal putri dengan penuh keyakinan.

Sampai akhirnya pada 2007, pelatih junior di tim nasional bulutangkis China (CBA) datang untuk mengikuti rapat di klub Jiangsu. Dia mendapat motivasi.

Pada 2010 dengan penampilannya yang bagus di National Youth Championship 2010, Zheng Yu mendapat kesempatan untuk mengikuti program penyesuaian di tim nasional CBA.

Musuh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti itu merasa tak percaya sekaligus takjub dengan apa yang terjadi. Sayangnya, karier sebagai pemain tunggal tak terlalu membuat dia bersinar.

Pada September 2013, karena penyesuaian di pelatnas Asosiasi Bulutuangkis China (CBA), dia dikembalikan ke tim junior. Dia kemudian dipasangkan Cao Tong Wei untuk membentuk ganda putri.

Sampai akhirnya pada 2018, Zheng Yu memulai debut menjadi pemain ganda putri professional. Debutnya di India Open 2018 meskipun terhenti di kualifikasi perempat final.