Dihadang Axelsen dan Kunlavut, Adakah Peluang 'All Indonesia Final' di India Open 2023?

Sabtu, 21 Januari 2023 11:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
© PBSI
Menakar peluang Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menciptakan ‘All Indonesian Final’ India Open 2023.  (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Menakar peluang Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menciptakan ‘All Indonesian Final’ India Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Menakar peluang Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menciptakan ‘All Indonesian Final’ India Open 2023. Apakah Viktor Axelsen atau Kunlavut Vitidsarn bakal jadi penghalang? 

Dua tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie tengah sama-sama berjuang memperebutkan tiket turnamen BWF World Tour Super 750 ini.

Sebelumnya, Ginting memastikan lolos ke partai semifinal setelah susah payah menaklukkan Li Shi Feng lewat pertarungan rubber set 21-11, 17-21, dan 21-18.

Senasib dengan rekannya, Jonatan Christie juga merebut semifinal usai memenangkan drama tiga set yang berlangsung alot lawan Chou Tien Chen, 21-15, 13-21, 20-22.

Berdasarkan drawing, Ginting dan Jonatan akan menghadapi lawan tangguh di partai empat besar. Ginting akan berjumla Kunlavut Vitidsarn sementara Jonatan dihadang Viktor Axelsen.

Jojo – sapaan akrab Jonatan – akan lebih dulu memainkan partai semifinal dengan menghadapi sang raja bulutangkis dunia, Viktor Axelsen, dari Denmark.

Jelas, ini tugas Jojo di partai ini sangatlah berat. Sebab Viktor Axelsen kemungkinan memiliki stamina lebih karena dia memenangkan babak sebelumnya tanpa keluar banyak keringat.

Hal ini dikarenakan lawan Axelsen yang juga rekan senegaranya, Rasmus Gemke, menyatakan retired di gim pertama 16-8 usai mengalami cedera.

Di atas kertas, Axelsen juga lebih unggul dari Jonatan dengan skor 6-2. Jonatan yang menghuni peringkat 4 dunia terakhir kali mampu menaklukkan Viktor Axelsen pada 2019 silam, tepatnya di ajang French Open.

Tiga pertemuan beruntun terakhir selalu dimenangkan Axelsen. Namun di pertemuan terakhir, Jojo mampu memenangkan satu gim atas Axelsen sebelum kalah tiga set di Malaysia Open 2022.

Axelsen merupakan pemain yang serba komplit, pukulannya kuat, dan punya semangat juang tinggi ditambah postur tubuh yang tinggi besar.

Namun Jojo bisa melawan ketidakmungkinan demi menang jika Jojo bermain dengan daya juang tinggi dan minim kesalahan. Niscaya, dia mampu mengimbangi permainan Axelsen.