Main 2 Kali Sehari, Indonesia Siasatkan Rotasi Pemain di Laga Perdana BAMTC 2023

Senin, 13 Februari 2023 20:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© PBSI
Indonesia langsung menjalani dua partai pertandingan perdana Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Sebagai siasat, Merah Putih akan merotasi pemain. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Indonesia langsung menjalani dua partai pertandingan perdana Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Sebagai siasat, Merah Putih akan merotasi pemain. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Indonesia akan langsung menjalani dua partai pertandingan di hari perdana Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Sebagai siasat, wakil Merah Putih akan merotasi pemain dengan membentu dua tim.

Tim badminton Indonesia akan memulai perjuangannya di ajang beregu campuran mulai Selasa (14/02/23) di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab.

Tim yang dipimpin Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu langsung melakoni dua kali pertandingan di hari yang sama karena Grup C berisi lima negara sedangkan tiga grup lain diisi empat negara.

Di hari pertama, wakil Merah-putih akan menghadapi Lebanon pukul 12.00 WIB. Kemudian laga kedua bakal duel kontra Suriah pada pukul 20.00 WIB.

Guna mengantisipasi kelelahan karena harus menjalani dua laga di hari pembuka, tim Indonesia berencana merotasi pemain.

“Untuk menghadapi dua laga di hari pertama pertandingan, kami akan menyusun dua tim. Ini untuk menghadapi Lebanon di pagi dan Suriah di petang hari. Kami akan merotasi pemain yang ditampilkan," kata Rionny Mainaky, Kabid Binpres PP PBSI dalam keterangan resmi PBSI.

Menurut Rionny, langkah ini diambil demi strategi dan adaptasi para pemain dengan Dubai Exhibition Centre, Dubai, yang menjadi arena pertandingan.

“Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan,” kata Rionny.

Meski mengandalkan rotasi pemain untuk menyiasati jadwal padat, Rionny tetap berpesan agar semua pemain mempersiapan diri sekaligus menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu, Rionny mewanti-wanti agar jangan sampai meremehkan lawan meski unggul dia atas kertas. Mereka tetap harus mewaspadai perlawanan Lebanon dan Suriah.