Denmark Juara European Mixed Team Championships: Jaga Tradisi, Axelsen Nyaris 'Terpeleset'

Minggu, 19 Februari 2023 15:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© bwfbadminton.com
Denmark yang dipimpin Viktor Axelsen keluar sebagai kampiun kejuaraan beregu campuran bertajuk European Mixed Team Championships (EMTC) 2023. (Foto: bwfbadminton.com) Copyright: © bwfbadminton.com
Denmark yang dipimpin Viktor Axelsen keluar sebagai kampiun kejuaraan beregu campuran bertajuk European Mixed Team Championships (EMTC) 2023. (Foto: bwfbadminton.com)

INDOSPORT.COM – Denmark yang dipimpin Viktor Axelsen keluar sebagai kampiun kejuaraan beregu campuran bertajuk European Mixed Team Championships (EMTC) 2023.

Denmark berhasil merengkuh gelar European Mixed Team Championships yang ke-19 sejak setelah mengalahkan Prancis 3-2 di partai final yang digelar Sabtu (18/02/23).

Kemenangan ini memastikan Denmark mampu menjaga tradisi sebagai kampiun dalam lima edisi terakhir kejuaraan beregu campuran yang digelar tiap dua tahun sekali.

Melansir dari Badminton Talk, ini juga menjadi trofi yang ke-14 bagi Denmark sejak European Mixed Team Championships sejak 1996 silam.

Dalam 15 edisi EMTC tersebut, Denmark hanya sekali gagal menjadi juara pada 2013. Saat itu, HK Vittinghus dkk dikalahkan Jerman 3-0 di babak final.

Trofi  EMTC 2023 juga menyempurnakan langkah Viktor Axelsen dan kawan-kawan saat lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung di Suzhou, China, 14-19 Mei mendatang.

Sementara pada partai final EMTC 2023 kontra Prancis, tunggal putra ranking 1 dunia, Viktor Axelsen, jadi pemain kunci kebangkitan Denmark usai kalah di partai pertama.

Denmark tertinggal 0-1 lebih dulu dari Prancis usai pasangan ganda campuran, Mathias Christiansen/Amalie Magelund kalah dari ranking 5 dunia, Thom Gicquel/Delphine Delrue dalam dua set langsung 17-21, 11-24.

Hasil ini membuat Viktor Axelsen yang tampil di partai kedua sektor tunggal putra berjuang keras meraih poin demi menyamakan kedudukan saat menghadapi Christo Popov.

Upaya Axelsen pun tidak begitu mulus. Dirinya nyaris kehilangan poin usai kalah di set pertama. Beruntung, Axelsen mampu merebut dua set berikutnya dengan skor akhir 15-21, 22-20, 21-14.