PBSI Ungkap Faktor Kegagalan Tim Indonesia di BAMTC 2023: Ada 4 Pemain Sakit

Senin, 20 Februari 2023 09:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Foto: PBSI. Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - PBSI akhirnya bongkar 'biang kerok' kegagalan Indonesia di babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, Jumat (17/02/23) lalu.

Fajar Alfian dkk harus kandas di tangan Korea Selatan, di babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. Wakil Negeri Ginseng pun melaju ke semifinal hingga final.

Bermain di Dubai Exhibition Centre, skuad Indonesia awalnya menang lewat tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo. Namun setelah itu, Merah Putih kalah tiga kali.

Kekalahan itu diraih oleh Putri Kusuma Wardani, Fajar Alfian/Rian Ardianto, serta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadanti.

Indonesia yang sebelumnya menjadi juara Grup C, harus mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 1-3.

Atas hasil minor tersebut, Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky pun menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Indonesia yang telah menantikan gelar.

Mewakili PP PBSI, Rionny Mainaky juga mengungkap bahwa banyak pemain yang sakit saat tiba di Dubai, termasuk Gregoria dan Putri KW, satu-satunya wakil tunggal putri.

"Secara umum, memang kondisi pemain banyak yang tidak prima. Gregoria sakit flu, Putri KW juga sebetulnya tidak sehat," kata Rionny Mainaky melalui Humas PP PBSI.

Selain dua pemain tunggal, dua pemain ganda juga sedang dalam kondisi tidak prima, yakni Siti Fadia dan Rian Ardianto.

"Fadia tidak fit, memang sangat dilematis kalau ia tidak diturunkan, meskipun kondisi sakitnya tidak separah Gregoria dan Putri KW. Kondisi Rian juga tidak fit benar."