5 Petenis yang Bisa Gantikan Novak Djokovic Sebagai Petenis Terbaik Dunia

Selasa, 21 Februari 2023 20:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berhasil menjuarai turnamen ATP Finals 2022 usai mengalahkan petenis asal Norwegia, Casper Ruud, di Pala Alpitour, Turin. REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic sudah cukup lama bertahan di posisi teratas sebagai petenis terbaik dunia. Namun, ada sejumlah petenis muda yang siap menggantikannya nanti.

Sekarang, Djokovic memegang posisi teratas dengan rekor total 377 pekan. Dia juga memegang rekor terbanyak menduduki ranking 1 di akhir tahun, mencapai prestasi tersebut selama tujuh tahun, termasuk tiga tahun berturut-turut (2014-2016).

Juara Grand Slam 22 kali ini mengakhiri musim 2022 sebagai peringkat lima dunia, meski absen di Australia Open dan US Open karena bersikukuh untuk tidak vaksinasi Covid-19.

Akibatnya, petenis asal Serbia tersebut terpaksa tidak mendapatkan poin dan sangat berdampak pada peringkat rankingnya di tahun lalu.

Memang, saingan terberatnya adalah Rafael Nadal. Namun, jagoan asal Spanyol tersebut masih belum pulih dari cederanya sehingga belum kembali ke performa terbaiknya.

Meski begitu, Djokovic patut waspada dengan petenis muda karena mereka sedang sangat bersemangat dan termotivasi untuk menjadi yang terbaik.

Untuk mengetahuinya, berikut lima petenis yang bisa gantikan Djokovic sebagai petenis terbaik dunia.

Carlos Alcaraz

Carlos Alcaraz adalah petenis termuda yang memegang posisi teratas setelah menjuarai gelar Grand Slam perdananya di US Open 2022.

Meskipun absen selama hampir empat bulan setelah cedera, petenis 19 tahun ini memulai musim 2023 dengan kemenangan gelar di Argentina Open pekan lalu.

Petenis asal Spanyol ini pun hanya sekali bertemu dengan Djokovic di semifinal Madrid Open 2022, di mana dia muncul sebagai pemenangnya.

Dengan perolehan total 6480 poin di peringkat kedua dunia, hanya Alcaraz yang paling mungkin untuk menggeser Djokovic ke depannya.