Sumbang Emas SEA Games 2023, Tenis Beregu Putri Indonesia Ulang Sejarah Manis

Rabu, 10 Mei 2023 10:37 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© NOC Indonesia
Tenis putri Indonesia raih emas SEA Games 2023, pecah telur setelah 18 tahun. Foto: NOC Indonesia. Copyright: © NOC Indonesia
Tenis putri Indonesia raih emas SEA Games 2023, pecah telur setelah 18 tahun. Foto: NOC Indonesia.

INDOSPORT.COM -  Sumbang emas SEA Games 2023, tim tenis beregu putri Indonesia yang diperkuat Aldila Sutjiadi hingga Priska Madelyn, sukses ulang pencapaian manis 18 tahun lalu.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 menambah pundi emas pada Selasa (9/5/23) melalui cabang olahraga (cabor) tenis di nomor beregu putri.

Tak hanya sekadar menambah pundi emas, pencapaian ini juga sekaligus mengakhiri penantian 18 tahun lamanya bagi tim tenis beregu putri untuk kembali menyabet emas SEA Games.

Dalam partai final SEA Games 2023 yang berlangsung di Tennis Arena, National Morodok Stadium, kemarin, Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor akhir 2-1.

Di nomor tunggal putri, Aldila Sutjiadi yang menjadi wakil Indonesia pertama, harus kalah dari jagoan Thailand, Anchisa Chanta, dengan dua set langsung  6-7 (6-8) dan 3-6.

Kekalahan di partai pertama, membuat tunggal kedua Indonesia, Priska Madelyn, termotivasi untuk menyamakan kedudukan dan akhirnya berhasil.

Petenis muda Indonesia itu sukses menyamakan kedudukan usai meraih kemenangan tiga set dari Lanlana Tararudee dengan skor akhir 3-6, 6-3, dan 6-3.

Sampai akhirnya, tim Merah Putih memastikan kemenangan usai ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rompies mengalahkan Luksika Kumkum/Peangtarn Plipuech, dengan skor akhir 6-3 dan 7-5.

Usai mencetak sejarah mentereng dengan menggondol medali emas beregu putri SEA Games 2023, para petenis kebanggaan Indonesia tak kuasa mengungkapkan kebahagiannya.

"Senang banget sih ya, kita sudah lama banget beregu tim Indonesia enggak pernah dapat emas," kata Jessy Rompies dalam rilis yang diterima INDOSPORT.COM.

"Kali ini bisa dapat emas tuh rasanya bangga banget pastinya. (Medali emas ini) buat Indonesia," tambahnya lagi.