In-depth

Wynne Prakusya, Wanita Cantik di Balik Emas Tenis Beregu Putri di SEA Games 2023

Kamis, 11 Mei 2023 06:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© JAY DIRECTO/AFP/Getty Images
Tim tenis beregu putri Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023. Di partai final, tim Merah Putih kalahkan Thailand dengan agregat 2-1. Copyright: © JAY DIRECTO/AFP/Getty Images
Tim tenis beregu putri Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023. Di partai final, tim Merah Putih kalahkan Thailand dengan agregat 2-1.

INDOSPORT.COM - Tim tenis beregu putri Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023. Di partai final, tim Merah Putih kalahkan Thailand dengan agregat 2-1 di Tennis Arena Morodok Techno National, Phnom Penh, Selasa (09/05/23). 

Di final SEA Games 2023 Kamboja, tim tenis beregu putri Indonesia diperkuat Aldila Sutjiadi, Jessy Rompies, Priska Nugroho dan Beatrice Gumulya. 

Aldila Sutjiadi (tunggal putri) yang menjalani partai pertama harus kalah dari wakil Thailand Aunchisa Chanra dengan skor 6-7 (6-8) dan 3-6.

Priska Nugroho (tunggal putri) lantas menyamakan kedudukan jadi 1-1 dan memberi harapan ke Indonesia usai menundukkan Lanlana Tararudee dengan skor 3-6, 6-3 dan 6-3. 

Tim tenis regu putri akhirnya mampu menyegel emas lewat pasangan ganda putri. Ini diraih setelah duo srikandi Aldila Sutjiadi/Jessy Rompies menang 6-3 dan 7-5 atas Peangtarn/Luksika Kumkhum.

Kemenangan tersebut membuat Indonesia kembali meraih medali emas di nomor beregu putri, setelah puasa selama 18 tahun. Terakhir, Indonesia  meraih medali emas di SEA Games 2005 Manila, Filipina.

Rupanya kesuksesan tenis beregu putri Indonesia tak lepas dari peran Wynne Prakusya. Legenda tenis Tanah Air itu menjabat sebagai kapten tim tidak bermain di SEA Games 2023.

Peran Wynne adalah memotivasi tatkala tim beregu putri bertanding. Bahkan saat jeda pertandingan, dia terlihat sibuk dengan membantu memberikan minum. 

Wynne kembali bergabung ke timnas tenis Indonesia setelah 16 tahun pensiun sebagai atlet. Karenanya, dia mengaku merinding usai mendapatkan tugas baru di SEA Games 2023. 

“Terus terang saya merinding. Saya bangga memberikan yang terbaik. Apalagi kan kita sudah lama tidak dapat emas di tim beregu putri. Terakhir kali pada tahun 2005,” katanya.