Mengenal Jo Novita, Orang Indonesia Pertama yang Juara Thailand Open di 2 Sektor

Kamis, 1 Juni 2023 13:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Badminton Indonesia
Jo Novita, pemain Indonesia pertama yang juara Thailand Open di dua sektor. Jo Novita pernah berpasangan dengan Greysia Polii. Copyright: © Badminton Indonesia
Jo Novita, pemain Indonesia pertama yang juara Thailand Open di dua sektor. Jo Novita pernah berpasangan dengan Greysia Polii.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Jo Novita, pebulutangkis Indonesia pertama yang bisa menjuarai Thailand Open di dua sektor, ganda putri dan ganda campuran.

Sejak pertama kali Thailand Open digelar di 1984, Indonesia sudah berpartisipasi, bahkan menjadi juara di berbagai sektor.

Kala itu, Icuk Sugiarto masih menguasai sektor tunggal putra dunia. Ia menjadi juara pada edisi Thailand Open 1984 dan 1985. 

Demikian pula di sektor ganda putra, ada pasangan Hadiwibowo/Christian Adinata yang juara di tahun 1984, disusul Bobby Ertanto/Rudy Heryanto di tahun 1985.

Di sektor tunggal putri, Susy Susanti jadi pemain paling sukses dengan meraih gelar juara Thailand Open empat kali beruntun, yakni 1991, 1992, 1993, dan 1994.

Lantas, bagaimana catatan wakil Indonesia di sektor ganda putri dan ganda campuran?

Membahas dua sektor ini, tidak lengkap rasanya jika tak mengulik sosok Jo Novita, wanita tangguh yang berhasil meraih gelar juara Thailand Open di sektor WD dan XD.

Jo Novita merupakan pebulu tangkis putri Indonesia kelahiran Jakarta, 19 November 1981.

Pada masa kejayaannya, Jo Novita bermain di sektor ganda putri. Tetapi ia juga pernah main rangkap di sektor ganda campuran.

Thailand Open 1991 bisa dikatakan menjadi batu loncatan bagi Jo Novita untuk meraih banyak prestasi level Asia hingga dunia.

Kala itu, Jo Novita berhasil meraih juara Thailand Open 1991 di sektor ganda putri, saat berpasangan dengan Eny Erlangga.

Jo Novita juga menjuarai Thailand Open 1991 di sektor ganda campuran, ketika itu ia berpasangan dengan sosok Candra Wijaya.