Usai Bikin Aldila Sutjiadi-Miyu Diskualifikasi dari French Open, Sang Lawan Dirujak Netizen

Selasa, 6 Juni 2023 01:54 WIB
Editor: Juni Adi
© Instagram@dila11
Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki beri saran Aldila Sutjiadi ajukan banding usai didiskualifikasi dari French Open. (Foto: Instagram@dila11) Copyright: © Instagram@dila11
Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki beri saran Aldila Sutjiadi ajukan banding usai didiskualifikasi dari French Open. (Foto: Instagram@dila11)

INDOSPORT.COM - Nasib sial harus dialami oleh pasangan tenis Aldila Sutjiadi/Miyu Kato di ajang Grand Slam French Open 2023, keduanya didiskualifikasi karena melakukan kesalahan tak disengaja.

Pasangan tenis gado-gado, Aldila Sutjiadi (Indonesia) dan Miyu Kato dari Jepang, bernasib sial karena gagal melaju ke babak perempatfinal nomor ganda putri, French Open 2023 karena didiskualifikasi.

Keduanya dieliminasi karena insiden yang melibatkan ball girl. Diberitakan dari The Guardian, momen itu terjadi di pertandingan set ketiga yang berlangsung, Minggu (04/06/23) lalu.

Saat itu Aldila/Kato sedang memimpin dengan skor 3-1. Sebelumnya mereka kalah 6-7 (1-7 ) di set pertama. Dari sini momen mengejutkan terjadi.

Kato yang tengah berada di depan net, secara tidak sengaja memukul bola bermaksud untuk mengembalikan ke lawannya. Tetapi sial bagi ia, karena bola tersebut mengenai bagian kepala seorang ball girl.

Gadis kecil itu merasa kesakitan dan menangis sambil gemetar di tempat kejadian ia bertugas, di samping arena lapangan. Kato lantas meminta maaf kepadanya.

Wasit yang melihat kejadian itu langsung memberikan teguran keras kepada Kato. Tetapi peringatan yang diberikan wasit rupanya tidak membuat sang lawan, Bouzkova/Tormo merasa puas.

Keduanya mengajukan protes atas kejadian tersebut kepada sang pengadil. Pengawas pertandingan yang masuk lapangan kemudian berbicara kepada Aldila/Kato, mengatakan bahwa mereka didiskualifikasi atas insiden tersebut.

Kato tampak menangis setelah menerima hukuman itu. Aldila kemudian menenangkannya, petinis asal Jepang itu kemudian kembali membuat permintaan maaf di media sosial Instagramnya, meski sudah secara langsung.

"Saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada ball girl, partner saya, dan pendukung saya karena kecelakaan yang tidak menguntungkan hari ini," tulisnya.

"Itu sama sekali tidak disengaja. Akibatnya, saya dihukum oleh Roland Garros dengan kehilangan hadiah uang dan poin saya," jelasnya.