Cuci Tangan Kisruh Taufik Hidayat-Lee Chong Wei, Cara Bijak Lin Dan Sikapi Hall of Fame BWF

Rabu, 7 Juni 2023 14:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Hasnoor Hussain
Legenda Bulutangkis China, Lin Dan, mengungkapkan pesan bijak setelah resmi masuk dalam daftar Hall of Fame BWF.(Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain) Copyright: © REUTERS/Hasnoor Hussain
Legenda Bulutangkis China, Lin Dan, mengungkapkan pesan bijak setelah resmi masuk dalam daftar Hall of Fame BWF.(Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

INDOSPORT.COM - Legenda Bulutangkis China, Lin Dan, mengungkapkan pesan bijak setelah resmi masuk dalam daftar Hall of Fame BWF.

Lin Dan (China) bersama rivalnya Lee Chong Wei (Malaysia) diketahui mendapatkan penghargaan dari BWF dengan masuk Hall of Fame pada 26 Mei 2023 kemarin.

Tak sembarang atlet bulutangkis bisa masuk Hall of Fame. Penghargaan diberikan kepada insan bulutangkis yang dianggap memiliki prestasi maupun jasa besar terhadap perkembangan olahraga itu.

Lee Chong Wei dan Lin Dan yang  mendominasi sektor tunggal putra di era yang sama, menjadi salah satu alasan Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, memberikan penghargaan pada mereka.

Akan tetapi masuknya dua member Big Four Kings tunggal putra bulutangkis tersebut menimbulkan polemik, khususnya dialami olah Lee Chong Wei.

Polemik tersebut berawal dari kritikan legenda Indonesia, Taufik Hidayat, yang mempertanyakan kelayakan Lee Chong Wei mendapat Hall of Fame padahal tidak pernah juara Olimpiade.

Torehan Lee Chong Wei hanya tiga kali medali perak Olimpiade, sedangkan Taufik Hidayat mendapat satu medali emas Olimpiade Athena dengan Lin Dan dua kali juara di Beijing dan London.

Menanggapi kritikan Taufik Hidayat ini, BWF memberikan pernyataan tegas bahwa Lee Chong Wei layak mendapatkan anugerah ini karena prestasi dan kontribusinya untuk bulutangkis.

Seolah-olah tak mau memanaskan situasi tersebut, Lin Dan mengaku sangat menghargai anugerah Hall of Fame yang diberikan oleh BWF sebagaimana dilansir dari Aiyuke.

Selain itu, Lin Dan menyatakan bahwa penghargaan ini akan dia persembahkan kepada Asosiasi Bulutangkis China (CBA) yang sudah menjadi wadah untuk dirinya berprestasi selama kariernya.