In-depth

Mengenang Markis Kido, Pahlawan Bulutangkis yang Disegani Kawan dan Lawan

Rabu, 21 Juni 2023 17:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© LAURENT FIEVET/AFP via Getty Images
Bertepatan dengan momen Taipei Open, mari mengenang Markis Kido, salah satu jawara di ajang itu sekaligus legenda bulutangkis yang disegani kawan dan lawan. Copyright: © LAURENT FIEVET/AFP via Getty Images
Bertepatan dengan momen Taipei Open, mari mengenang Markis Kido, salah satu jawara di ajang itu sekaligus legenda bulutangkis yang disegani kawan dan lawan.

INDOSPORT.COM –  Bertepatan dengan momen Taipei Open, mari mengenang Markis Kido, salah satu jawara di ajang itu sekaligus legenda bulutangkis yang disegani kawan dan lawan.

Diketahui, saat ini dunia bulutangkis sedang diramaikan dengan hajatan Taipei Open 2023 yang merupakan turnamen Super 300.

Ajang Taipei Open 2023 ini sendiri berlangsung pada 20 sampai 25 Juni di Tian-Mu Arena, dan diramaikan dengan para alet top di ranking BWF.

Indonesia sendiri juga mengirimkan sejumlah pemain bintang untuk berburu gelar juara. Karena pada sejarahnya, Merah Putih menjadi negara pemegang gelar terbanyak di ajang ini.

Jika ditotal, Indonesia menjadi negara pengoleksi gelar terbanyak Taipei Open dengan 47 kali juara, yakni 15 dari tunggal putra, 6 tunggal putri, 12 ganda putra, 5 ganda putri, dan 9 ganda campuran,.

Markis Kido bersama Hendra Setiawan menjadi salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia yang pernah mencatatkan diri sebagai juara di Taipei Open.

Duet Markis Kido/Hendra Setiawan pernah menyabet gelar juara Taipei Open pada edisi 2007. Saat itu mereka menjuarai Taipei Open usai di final mengalahkan Lars Paaske/Jonas Rasmussen.

Markis Kido/Hendra Setiawan mengukir sejarah menjuarai Taipei Open 2007 itu hanya setahun sebelum mencetak sejarah besar di ajang Olimpiade.

Ya, Markis Kido/Hendra Setiawan di tahun 2008 memang mencatatkan pencapaian besar dalam karier mereka ketika menyabet emas Olimpiade Beijing.

Dengan segala prestasinya yang terukir sebagai ganda putra top ranking BWF, Markis Kido yang wafat pada 14 Juni 2021, meninggalkan kenangan mendalam bagi bulutangkis Indonesia dan dunia.