Profil dan Agama Ana/Tiwi, Tulang Punggung Ganda Putri Finalis Taipei Open 2023

Minggu, 25 Juni 2023 12:41 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Profil dan agama Febriana Dwipuji Kusuma dan Amalia Cahaya Pratiwi, finalis Taipei Open 2023 asal Indonesia. Copyright: © PBSI
Profil dan agama Febriana Dwipuji Kusuma dan Amalia Cahaya Pratiwi, finalis Taipei Open 2023 asal Indonesia.

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, finalis Taipei Open 2023 asal Indonesia.

Babak final Taipei Open 2023 digelar di Tian-Mu Arena, Taipei, pada Minggu (25/06/23) hari ini. Sebanyak dua wakil Indonesia berhasil melaju ke partai puncak turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut.

Dari tunggal putra, ada pemain kelahiran Papua, Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan di ganda putri, terselip nama Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Febriana/Amalia, yang akrab disapa Ana/Tiwi, merupakan unggulan pertama turnamen. Di partai final, mereka akan menghadapi wakil Korea Selatan, Lee Yu Lim/Shin Seung Chan.

Kepastian melangkah ke final didapat Ana-Tiwi setelah mereka mengalahkan wakil tuan rumah Lee Chia Hsin/Teng Chun Hsun di babak semifinal kemarin.

Mereka sukses menaklukkan unggulan ketiga turnamen tersebut dalam dua gim langsung, 21-16, 21-19.

Febriana sendiri lahir di Jember, Jawa Timur, pada 19 Februari 2001. Ia merupakan seorang pemain yang beragama Islam, tampak dari unggahan di akun Instagram pribadinya yang tertulis keterangan "Alhamdulillah".

Minat Ana di dunia bulutangkis mulai tampak saat dirinya masih duduk di SD kelas 1. Ia pun memutuskan untuk mengembangkan bakatnya dengan masuk PB Smash Jember.

Seiring waktu, Ana pun masuk klub PB Djarum Kudus dan kini tergabung Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta.

Sepanjang kariernya, pemain yang juga pernah berpasangan dengan Ribka Sugiarto tersebut pernah menorehkan sederet prestasi. Yang terbaru, Ana/Tiwi merupakan peraih medali emas ganda putri SEA Games 2023.

Sedangkan selama berpasangan dengan Ribka Sugiarto, Febriana Dwipuji Kusuma juga pernah menjadi juara Asia Junior pada 2018. Ia juga meraih medali emas PON XX Papua bersama Marsheilla Gischa Islami, mewakili Jakarta.