In-depth

Apa Kabar Hayom Rumbaka, Sang Raja Australia Open yang Lama Tak Terdengar

Kamis, 3 Agustus 2023 12:19 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sudah jarang tersorot, menilik kabar Dionysius Hayom Rumbaka, raja Australia Open dan eks tunggal putra Indonesia yang pernah digadang jadi The Next Taufik Hidayat. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sudah jarang tersorot, menilik kabar Dionysius Hayom Rumbaka, raja Australia Open dan eks tunggal putra Indonesia yang pernah digadang jadi The Next Taufik Hidayat.

INDOSPORT.COM – Sudah jarang tersorot, menilik kabar Dionysius Hayom Rumbaka, raja Australia Open dan eks tunggal putra Indonesia yang pernah digadang jadi The Next Taufik Hidayat.

Sebagai negara besar bulutangkis, Indonesia memiliki deretan atlet hebat dengan sederet prestasi yang pernah ditorehkan, termasuk Dionysius Hayom Rumbaka.

Atlet kelahiran Kulon Progo 22 Oktober 1988 tersebut pernah meroket di ranking BWF dan menyumbangkan sederet prestasi gemilang untuk Indonesia semasa karier.

Deretan gelar juara yang berhasil dipersembahkan Hayom Rumbaka di antaranya Australia Open 2009, India Grand Prix 2010, Indonesia Grand Prix Gold 2011, Vietnam Open 2014, dan masih banyak lagi.

Di event beregu, Hayom Rumbaka juga berhasil mengantarkan tim Indonesia menyabet emas SEA Games 2011, perunggu Piala Sudirman 2011, Perak Piala Thomas 2010, Perunggu Piala Thomas 2014, dan Asian Games 2010.

Dari deretan prestasinya tersebut, mungkin Australian Open 2009 adalah salah satu gelar paling terkenang bagi Hayom Rumbaka.

Pasalnya itu adalah gelar pertama bagi Dionysius Hayom Rumbaka di level Grand Prix BWF sepanjang karier bulutangkisnya.

Selain itu, gelar itu membuat Hayom Rumbaka menyudahi 10 tahun Indonesia puasa juara tunggal putra di Australia Open setelah era Rio Suryana pada edisi 1999.

Setidaknya saat ini Hayom Rumbaka tercatat dalam salah satu dari delapan atlet tunggal putra Indonesia yang bisa berjaya di ajang bergengsi Australia Open.

Capaian yang diharapkan bisa diteruskan oleh para juniornya selepas Hayom Rumbaka memutuskan pensiun pada 2018 lalu karena cedera panjang pada lututnya.

Di antara gelaran Australia Open 2023 yang berlangsung pada 1 sampai 6 Agustus di Quaycentre, Sydney, kabar Hayom Rumbaka pun membuat penasaran.

Apalagi eks tunggal putra yang pernah digadang jadi the next Taufik Hidayat tersebut menjadi jarang tersorot kabarnya usai memutuskan gantung raket.

Memutuskan pensiun lima tahun lalu, agaknya Dionysius Hayom Rumbaka saat ini disibukkan menjalani biduk rumah tangganya dengan Stefhanie Rahardja.

Apalagi dari pernikahan mereka, saat ini Hayom Rumbaka dan Stefhanie Rahardja dikaruniai putra tampan yang lahir pada 9 November 2019 bernama Oliver Arlo Rumbaka.

Apa ada kegiatannya yang lain? Ya, jawabannya ada. Pasalnya selepas pensiun, Hayom Rumbaka menukar profesinya menjadi pelatih bulutangkis.