In-depth

7 Fakta Menarik Tentang Akane Yamaguchi, Tunggal Putri Terkaya Sejagat Bulutangkis

Jumat, 11 Agustus 2023 07:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Dewi dikalahkan Tunggal Jepang, Akane Yamaguchi pada babak 16 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Akane Yamaguchi saat ini dinobatkan sebagai tunggal putri terkaya di dunia bulutangkis tahun 2023, berikut sejumlah fakta menarik tentang dirinya.

Pada awal tahun 2023 lalu tepatnya bulan Januari, BWF telah merilis daftar pebulutangkis dunia dengan pendapatan terbanyak di tahun 2022.

Viktor Axelsen memuncaki daftar atlet bulutangkis terkaya dengan penghasilan sebanyak 404.125 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp6,3 miliar.

Sepanjang tahun 2022, Axelsen mengumpulkan enam gelar juara turnamen level Super 500 hingga Super 1000. 

Gelar juara tersebut diraih di All England, Kejuaraan Eropa, Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, Kejuaraan Dunia, French Open, dan BWF World Tour Finals.

Di urutan kedua ada nama wakil Jepang dari sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi. Ia meraup pundi-pundi uang sebesar 286.300 dolar AS atau setara Rp4,1 miliar.

Tak heran jika Akane masuk dalam daftar dua besar, karena ia memang dikenal sebagai salah satu pebulutangkis wanita yang hebat sehingga bisa meraih banyak gelar.

Sudah cukup sering Akane Yamaguchi dinobatkan sebagai salah satu pebulutangksi terkaya di dunia karena performanya konsisten dalam persaingan gelar setiap tahunnya. Berikut sejumlah fakta menarik tentangnya:

Tunggal Putri Jepang Pertama di Puncak Ranking BWF

Penampilannya yang dikenal lincah dengan skill mumpuni membuatnya menjadi tunggal putri Jepang pertama yang pernah menduduki peringkat satu dunia. 

Penampilannya yang dikenal lincah dengan skill mumpuni membuatnya menjadi tunggal putri Jepang pertama yang pernah menduduki peringkat satu dunia. 

Ia menjadi ratu bulutangkis sejak September 2022 lalu. Ketika itu Akane Yamaguchi menggeser wakil Taiwan, Tai Tzu Ying usai memenangkan gelar Japan Open 2022.

Sebelumnya Akane juga pernah menduduki peringkat satu dunia ranking BWF pada tahun 2018, sebelum akhirnya terlempar lagi dan sempat balik lagi.

Namun performanya mulai menurun di tahun 2023 ini, sehingga ia tergusur dari puncak ranking BWF tunggal putri oleh wakil Korea Selatan, An Se-young.

Saat ini Akane Yamaguchi berada di urutan kedua dengan perolehan 101.917 poin, sementara An Se-young berada di atas dengan 103.914 poin.