Ada Peran Pelatih Indonesia di Balik Gemilangnya Pebulutangkis Sri Lanka Viren Nettasinghe

Selasa, 5 September 2023 11:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Dok. Tony Wahyudi
Tony Wahyudi bersama pebulutangkis Sri Lanka, Viren Nettasinghe Copyright: © Dok. Tony Wahyudi
Tony Wahyudi bersama pebulutangkis Sri Lanka, Viren Nettasinghe

INDOSPORT.COM - Ada peran pelatih Indonesia, Tony Wahyudi, di balik aksi gemilang pebulutangkis Sri Lanka, Viren Nettasinghe di Indonesia International Challenge 2023.

Ajang bulutangkis Indonesia International Challenge 2023 sudah selesai dihelat di GOR Pancing, Medan. Indonesia menyabet empat gelar juara, termasuk dari sektor tunggal putra.

PBSI sebenarnya mengharapkan terjadi All Indonesia Finals saat tiga pemainnya lolos ke semifinal tunggal putra, yakni Alwi Farhan, Krishna Adi Nugraha, dan Tegar Sulistio.

Namun, Krishna Adi Nugraha harus kandas di tangan pebulu tangkis non-unggulan asal Sri Lanka, Viren Nettasinghe, sementara Alwi Farhan menaklukkan Tegar Sulistio.

Dengan demikian, Alwi Farhan menghadapi Viren Nettasinghe di final. Dengan segudang pengalaman Alwi, ia berhasil menjegal tamu asal Sri Lanka itu dengan skor 21-15, 21-10.

Meski kalah, banyak yang penasaran siapa sosok Viren Nettasinghe. Laman Daily News Sri Lanka mengulas perjalanan luar biasa di Indonesia International Challenge 2023.

Pemain peringkat 98 di ranking BWF itu mengawali kiprahnya dengan menaklukkan Larry Pong asal Inggris lewat pertarungan rubber yang tidak mudah.

Viren Nettasinghe akhirnya bisa beradaptasi dengan baik di GOR Pancing dan menjegal wakil tuan rumah Indonesia, Alvi Wijaya Chairullah dengan dua set saja.

Setelah itu, mudah saja bagi Nettasinghe untuk membekuk lawan asal Hong Kong dan Malaysia di babak 16 besar dan perempat final Indonesia International Challenge.

Lawan terberatnya Viren Nettasinghe adalah Krishna Adi Nugraha di semifinal. Beruntung ia bisa menang tiga set dan menantang Alwi Farhan di final, lalu meraih medali perak.