In-depth

Kisah Denmark Open, Skandal Match Fixing Eks Partner Wang Chang yang Ikut Seret Bagas/Fikri

Selasa, 3 Oktober 2023 13:09 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram@dizijian_2.27
Skandal match fixing di Denmark Open 2021 yang dilakukan mantan partner Wang Chang yakni Di Zijian yang ikut menyeret Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Copyright: © Instagram@dizijian_2.27
Skandal match fixing di Denmark Open 2021 yang dilakukan mantan partner Wang Chang yakni Di Zijian yang ikut menyeret Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

INDOSPORT.COM – Mengulas kembali skandal match fixing di Denmark Open 2021 yang dilakukan mantan partner Wang Chang yakni Di Zijian yang ikut menyeret Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Turnamen bulutangkis level super 750 yakni Denmark Open 2023 bakal kembali dihelat pada 17-23 Oktober nanti yang memperebutkan total hadiah hingga 850.000 dolar AS.

Menjelang dihelatnya turnamen kategori kualifikasi Olimpiade Paris 2024 itu, mari mengenang kembali kasus yang sempat menggegerkan pada edisi 2021.

Kala itu, tersaji duel di sektor ganda putra antara Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Di Zijian/Wang Chang di babak 32 besar.

Kala itu, Bagas/Fikri berhasil meraih kemenangan atas ganda putra China tersebut dalam dua gim langsung dengan skor 21-6, 21-19.

Sayangnya, langkah pasangan Indonesia tersebut tak terlalu jauh di Denmark Open 2021 dengan terhenti di perempat final.

Namun, di pertandingan antara Di Zijian/Wang Chang vs Bagas/Fikri, terdapat skandal yang sukses menghebohkan publik China kala itu.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu media China, Sohu, di mana Di Zijian terlibat match fixing sebagaimana yang ia ungkapkan kepada sang mantan kekasih.

Mantan partner Wang Chang itu mengaku ke mantan kekasih dia sengaja mengalah di gim pertama dari Bagas/Fikri untuk mendapatkan 100 renminbi (Rp225 juta).

“Aku siap kehilangan satu set di pertandingan pertama. Aku bisa mendapatkan hingga 100p plus renmimbi. Aku akan mulai bermain dengan serius setelah itu.”

“Jika menang, aku menang tetapi jika kalah, aku kalah,” kutip percakapan di Weibo dari seseorang yang diduga Di Zijian dengan sang mantan kekasih.

Sebagai informasi, Di Zijian kala berpasangan dengan Wang Chang pernah menyabet gelar bergengsi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior pada 2018 lalu.