In-depth

Kisah Miris Bao Chunlai, Pesaing Berat Taufik Hidayat yang Diredupkan Lin Dan

Rabu, 4 Oktober 2023 15:12 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Kisah miris legenda bulutangkis, Bao Chunlai, yang merupakan penghancur Taufik Hidayat yang kariernya diredupkan Lin Dan. Foto: KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images. Copyright: © KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images
Kisah miris legenda bulutangkis, Bao Chunlai, yang merupakan penghancur Taufik Hidayat yang kariernya diredupkan Lin Dan. Foto: KAZUHIRO NOGI/AFP/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Kisah miris legenda bulutangkis, Bao Chunlai, yang merupakan penghancur Taufik Hidayat yang kariernya diredupkan Lin Dan.

Bao Chunlai memang namanya tak setenar Lin Dan, namun ia merupakan salah satu tunggal putra kebanggaan China dengan beragam prestasi.

Pada era 2000-an hingga 2010-an, ia menjadi pebulu tangkis andalan China. Sayangnya, ia menjadi tunggal putra di bawah bayang-bayang Lin Dan.

Lin Dan sendiri berhasil mengoleksi beragam gelar mentereng seperti 2 kali medali emas Olimpiade, 5 gelar juara dunia, hingga 4 kali medali emas Kejuaraan Dunia.

Sayangnya, Bao Chunlai memang kurang bersinar dibanding Lin Dan dengan mengoleksi medali perak dan 2 medali perunggu di Kejuaraan Dunia.

Namun, mantan pebulutangkis China itu dikenal publik Indonesia sebagai sosok yang pernah menjadi rival berat dari Taufik Hidayat.

Kedua pebulu tangkis tersebut telah bersua sebanyak 14 kali, di mana Bao berhasil mengamankan 9 kemenanagn sementara Taufik dengan 5 kemenangan.

Bao Chunlai sendiri pernah mengalahkan Taufik Hidayat dalam 6 pertemuan beruntun di Indonesia Open 2007, Denmark Super Series, Swiss Super Series, China Masters, Japan Open, dan BWF World Super Series Finals.

Sementara itu, pada pertemuan terakhir keduanya, Taufik berhasil revans di turnamen Indonesia Open 2011 dalam dua gim langsung dengan skor 21-19, 25-23.

Pertandingan tersebut merupakan laga terakhir keduanya, di mana Bao memutuskan untuk gantung raket dari dunia bulutangkis pada 2011.