In-depth

Ruselli Hartawan, Terdegradasi PBSI yang Pernah Buat An Se-young Bertekuk Lutut

Senin, 9 Oktober 2023 16:50 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Badminton Indonesia
Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri yang didegradasi PBSI yang ternyata pernah membuat An Se-young bertekuk lutut. Copyright: © Badminton Indonesia
Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri yang didegradasi PBSI yang ternyata pernah membuat An Se-young bertekuk lutut.

INDOSPORT.COM – Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri yang didegradasi PBSI yang ternyata pernah membuat An Se-young bertekuk lutut.

Siapa yang tidak kenal dengan Ruselli Hartawan? Ia pernah menjadi bagian dari Pelatnas PBSI dan gemilang meraih beberapa gelar juara.

Namanya kembali melambung di kalangan penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) Indonesia baru-baru ini karena pernah mengalahkan An Se-young.

Tepatnya pada turnamen Hong Kong Open 2019, Ruselli pernah mengalahkan An Se-young di babak 16 besar dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19.

Sayangnya, langkah mantan pebulu tangkis PBSI itu harus terhenti di perempat final usai ditekuk wakil Amerika Serikat, Zhang Beiwen dua gim langsung.

Tentu, menjadi catatan positif bagi Ruselli Hartawan. Pasalnya, An Se-young saat ini menjadi pebulu tangkis yang sulit dikalahkan.

Bagaimana tidak, saat ini tunggal putri Korea Selatan itu berhasil menjadi pebulu tangkis tersukses pada musim 2023 dan gemilang kokoh di posisi puncak ranking BWF.

Baru-baru ini, An Se-young bahkan berhasil meraih medali emas di Asian Games 2022 usai mengalahkan wakil tuan rumah yakni Chen Yufei.

Tercatat, ia berhasil menyabet total 9 gelar juara dan 2 runner-up, di mana ini menjadi raihan gelar juara terbanyak untuk pebulu tangkis pada musim 2023.

Beberapa gelar juara tersebut di antaranya India Open, Indonesia Masters, Kejuaraan Dunia, All England, Japan Open hingga China Open.

Tentu, berhasil mengalahkan An Se-young di Hong Kong Open 2019 menjadi kebanggaan sendiri bagi Ruselli Hartawan yang didegradasi oleh PBSI.

Pasalnya, hingga saat ini tunggal putri peraih gelar Juara Dunia 2023 itu sulit untuk dikalahkan bahkan oleh beberapa pemain papan atas seperti Tai Tzu Ying, Akane Yamaguchi hingga Chen Yufei.