Update Klasemen Race to Olympic: Fajar/Rian Nyaris Terdepak, Jojo-Ginting Aman

Senin, 16 Oktober 2023 09:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masuk 8 besar klasemen Race to Olympic 2024. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masuk 8 besar klasemen Race to Olympic 2024. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Update klasemen Race to Olympic 2024 paska Arctic Open 2023, posisi Fajar/Rian nyaris tersisih dari 8 besar, tetapi Jonatan dan Anthony Ginting aman.

Sejumlah pemain Indonesia absen dari ajang Arctic Open 2023, tetapi perebutan poin ke Olimpiade Paris 2024 masih terus bergulir. Sayangnya, tak ada wakil Indonesia yang meraih titel juara.

Peserta cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Paris 2024 terdiri dari 16 ganda putra, 16 ganda putri, dan juga 16 ganda campuran.

Di setiap nomor ganda, setidaknya terdapat 1 pasangan dari masing-masing 5 Konfederasi Kontinental BWF. Setiap negara juga hanya bisa mengirim 2 wakil terbaiknya di satu sektor.

Dari nomor tunggal, 35 atlet putra dan 35 atlet putri akan unjuk gigi, minimal 2 atlet dari 5 Konfederasi Kontinental BWF, dan negara juga hanya bisa mengirim 2 wakil terbaik di satu sektor.

Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting masih aman di peringkat ke-7, disusul Jonatan Christie di posisi 9. Sulit bagi Chico Aura Dwi Wardoyo untuk menggusur mereka.

Sektor tunggal putri, Indonesia menempatkan Gregoria Mariska di peringkat ke-7. Posisinya berpeluang naik jika Jorji bisa meraih prestasi lebih baik ketimbang Ratchanok Intanon.

Sektor ganda putra masih berharap pada Fajar Alfian/Rian Ardianto yang bertahan di peringkat ke 8. Posisi ini adalah batas akhir pemain unggulan. Jika turun, Fajri mungkin bisa menghadapi lawan yang lebih sulit.

Sektor ganda putri juga masih berharap pada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang sejauh ini bertengger di peringkat ke-7.

Sayangnya dari sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari masih harus berjuang lagi karena masih tertinggal di posisi 12 klasemen Race to Olympic 2024.