In-depth

Ada Marcus Gideon! 3 Pebulutangkis yang Kariernya Melejit Usai Hengkang dari PBSI

Rabu, 25 Oktober 2023 09:01 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Menilik tiga bintang bulutangkis yang kariernya mulai bersinar usai hengkang dari PBSI, di mana Marcus Gideon ada di dalam daftar. Copyright: © PBSI
Menilik tiga bintang bulutangkis yang kariernya mulai bersinar usai hengkang dari PBSI, di mana Marcus Gideon ada di dalam daftar.

INDOSPORT.COM – Menilik tiga bintang bulutangkis yang kariernya mulai bersinar usai hengkang dari PBSI. Marcus Gideon ada di dalam daftar.

Indonesia dikenal sebagai negara yang maju di bulutangkis. Cabor ini kerap mempersembahkan berbagai gelar di beberapa pentas olahraga dunia.

Tentu saja, PBSI selaku Federasi Bulutangkis Indonesia memiliki peran penting di balik kedigdayaan beberapa atlet Indonesia di beberapa turnamen.

Namun, tak hanya atlet di bawah naungan PBSI yang bersinar di beberapa turnamen. Beberapa pebulutangkis justru makin gacor usai hengkang dari Pelatnas Cipayung.

Salah satunya adalah mantan ganda putra peringkat satu di ranking BWF yakni Marcus Gideon yang sempat hengkang dari PBSI pada 2013 lalu.

Selain Marcus, beberapa pebulutangkis seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Gloria Widjaja juga makin bersinar usai hengkang dari Pelatnas Cipayung. Berikut ulasannya.

Marcus Gideon

Sebelum digdaya di peringkat satu dunia bersama Kevin Sanjaya, Marcus Gideon ternyata pernah angkat kaki dari PBSI pada 2013 lalu.

Marcus yang berpasangan dengan Agripinna Prima Rahmanto Putra itu memutuskan hengkang usai tak didaftarkan di All England 2013.

Sempat terpuruk, Marcus akhirnya bertandem dengan Markis Kido di beberapa turnamen bulutangkis pada pertengahan musim 2013 silam.

Ketidakadilan yang diterima Marcus yang gagal berlaga di All England 2013 itu terbayar tuntas. Bersama Markis Kido ia berhasil naik podium juara.

Marcus Gideon/Markis Kido berhasil menyabet gelar juara di French Open 2013 hingga Indonesia Masters 2024, di mana kala itu mereka mengalahkan pasangan PBSI, Selvanus Geh/Kevin Sanjaya.

Dengan hasil yang cukup gemilang tersebut, Marcus akhirnya kembali dipanggil PBSI pada akhir 2014 lalu dan dipasangkan dengan Kevin Sanjaya pada 2015.