x

Media Malaysia Soroti Isu Atlet Keracunan Massal di Indonesia Masters 2022

Sabtu, 11 Juni 2022 14:17 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Beredarnya isu atlet-atlet keracunan di ajang Indonesia Masters 2022 telah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, termasuk dari media Malaysia, The Sun Daily.

INDOSPORT.COM –  Beredarnya isu para atlet keracunan di ajang Indonesia Masters 2022, telah mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, termasuk dari media Malaysia, The Sun Daily.

Diketahui, perhelatan turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2022 pada 7-12 Juni memang sedikit ternoda dengan adanya pengakuan Chan Peng Soon yang mengaku mengalami keracunan makanan.

Baca Juga

Ganda campuran asal Malaysia itu mundur atau walkover dari Indonesia Masters 2022. Dilansir dari Full Sports Network, Chan Peng Soon mengalami kondisi ketidaknyamanan fisik akibat keracunan makanan.

“Seharusnya keracunan makanan. Saya mulai merasa tidak enak badan tengah malam tadi. Saya mengalami beberapa kali muntah dan diare. Saya sedang beristirahat sekarang,” ucap Chan Peng Soon.

Media The Sun menyebut ada lima pebulu tangkis Malaysia dan Thailand  yang merupakan kontestan Indonesia Masters 2022, telah mencari perawatan rumah sakit karena kondisi yang diduga keracunan makanan.

Baca Juga

Lantas, Direktur Kepelatihan Sektor Ganda Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), juga membenarkan adanya kejadian beberapa anak didiknya tumbang di Jakarta.

“Mereka telah diizinkan untuk kembali ke hotel (Century dan Fairmont), namun (kondisinya) masih lemah,” ucap Rexy Mainaky melansir laman Bernama.

Di antara ramainya pemberitaan, tetapi para pebulutangkis atau manajer tim yang terkena dampak dari isu keracunan makanan itu, belum mengadukan laporan resmi apapun kepada pihak penyelenggara Indonesia Masters 2022.

Baca Juga

Hal itu diutarakan oleh juru bicara Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Broto Happy Wondomisnowo.

"Sampai sejauh ini, kami tidak menerima laporan resmi dari pemain atau tim menyangkut dugaan keracunan makanan yang menimpa beberapa pemain negara asing. Kami tahunya malah dari sosial media," tutur Broto dalam jumpa pers di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (10/06/22) sore.

Broto Happy juga menyatakan ikut empati dan prihatin atas kejadian yang menimpa pebulu tangkis Malaysia dan Thailand di Indonesia Masters 2022 ini.


1. Lakukan Investigasi

PBSI lakukan investigasi dugaan keracunan yang menimpa pebulutangkis Thailand dan Malaysia di ajang Indonesia Masters 2022.

Sementara dokter kejuaraan, dr. Grace Corlesa Joselini, mengatakan bahwa berdasarkan laporan hasil laboratorium, para pebulu tangkis yang dirawat tersebut bukan karena keracunan.

Kemudian dr Grace Corlesa Joselini juga mengatakan bahwa tumbangnya beberapa pebulutangkis di Indonesia Masters 2022, bisa jadi karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau mengandung bakteri.

Baca Juga

“Dalam kasus keracunan makanan, efeknya langsung terasa. Dengan melihat hasil laboratorium, itu terjadi karena pemain mengonsumsi makanan yang tidak sehat atau mengandung bakteri," ujar dr. Grace.

Para pemain yang menginap di dua hotel resmi yang disediakan panitia kejuaraan Indonesia Masters 2022, yaitu Hotel Century dan Fairmont, memang bebas bisa memesan makanan via online atau makan di restoran terdekat.

Kini, isu itu sedang dalam pendalaman, disertai harapan bahwa lima pebulutangkis Malaysia dan Thailand tadi bisa segera pulih dan melanjutkan aktivitas.

Baca Juga

Meski lima pebulutangkis Malaysia dan Thailand yang diduga keracunan itu sudah tumbang di Indonesia Masters 2022, namun mereka punya harapan untuk bisa tampil di ajang Indonesia Open 2022 yang berlangsung 14-19 Juni mendatang.

Jadi, panitia penyelenggara Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 telah melakukan tindakan preventif dengan berkoordinasi dengan pihak hotel.

Harapannya tentu saja, kejadian yang diduga keracunan makanan itu tidak akan terulang lagi. Mulai Sabtu (11/06/22) pagi, panitia akan memisahkan tempat makan para pemain dan tim dengan tamu hotel lainnya.

Baca Juga

Panitia kejuaraan juga telah melakukan beberapa koordinasi dengan beberapa pihak terkait agar kasus ini tidak meluas dan memberi ketenangan kepada pebulu tangkis di Indonesia Masters 2022.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) setelah berkoordinasi dengan panitia, juga telah meminta agar para manajer tim tamu mengingatkan para pemain agar tidak sembarangan memesan makanan dari luar hotel atau mengonsumsi makanan tertentu.


2. Chan Peng Soon Mengeluh di Medsos

Pebulutangkis Malaysia, Chan Peng Soon, sempat mengeluhkan saki usai walkover di Indonesia Masters 2022.

Dari beredarnya isu keracunan makanan terhadap para atlet di Indonesia Masters 2022, pebulu tangkis Malaysia, Chan Peng Soon, telah mengutarakn keluhannya di media sosial.

Partner Cheah Yee See di tim nasional bulutangkis Malaysia itu, pada Jumat (10/5/2) mengunggah sebuah story instagram @pschan88 dengan kata-kata keluhan “Haizzz”.

Dalam unggahannya di instagram, pebulutangkis Chan Peng Soon juga mengunggah beberapa tablet obat-obatan dengan berbagai merek.

Selain itu disebutkan dalam media Aiyuke, ganda campuran Malaysia lainnya, Lai Shevon Jemie juga diduga mengalami keracunan  makanan.

Baca selengkapnya: Apes Sampai Walkover dari Indonesia Masters 2022, Ganda Malaysia Chan Peng Soon Mengeluh di Medsos

 

PBSIMalaysiaBulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2022

Berita Terkini