x

Jadi Juara Umum Indonesia Masters 2022, China Sudah Raih Catatan Gila Sejak Perempat Final

Senin, 13 Juni 2022 11:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara ganda putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

INDOSPORT.COM – China memastikan sebagai juara umum di ajang Indonesia Masters 2022. Dominasi menyeramkan Negeri Tirai Bambu ini nyatanya sudah terlihat sejak di babak perempat final.

Usai sudah gelaran BWF World Tour Super 500 bertajuk Daihatsu Indonesia Masters 2022. Minggu (12/06/22), partai final dilangsungkan dihadapan penonton di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga

Indonesia, yang berstatus sebagai tuan rumah, hanya berhasil mengamankan satu gelar juara dan runner-up di ajang ini.

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses raih gelar juara, sementara posisi runner-up diraih pasangan anyar ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Fajar/Rian menjadi juara di kandang sendiri usai menaklukkan pasangan China, Lian Wei Keng/Wang Chang secara straight gim dengan skor 21-10, 21-17.

Baca Juga

Sementara Apri/Fadia yang mencapai final perdana di ajang World Tour harus puas jadi runner-up usai dikalahkan juara dunia 2021 asal China, Chen Qing Chen/Jia Yifan, dengan skor 21-18, 21-12.

China, sementara itu, memastikan jadi juara umum usai tiga dari empat wakilnya keluar sebagai pemenang di partai final.

Selain Chen Qing Chen/Jia Yifan, dua gelar juara diraih oleh ganda campuran Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dan tunggal putri Chen Yu Fei.

Baca Juga

Tak hanya menjadi juara umum, Negara Tirai Bambu ini sejatinya sudah mencatatkan statistik gila sejak babak perempat final Indonesia Masters.

Melansir dari akun Badminton Live di Twitter, China berhasil menempatkan 10 wakilnya dari 19 wakilnya di babak perempat final. Ini jelas membuat China terlalu menyeramkan di Istora.


1. China Borong 3 Gelar Juara di Indonesia Masters 2022

Pebulutangkis China, Chen Yu Fei juara tunggal putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Sedangkan tuan rumah hanya mampu meloloskan 6 dari 22 wakilnya di ajang, termasuk ganda putra unggulan pertama Kevin Sanjaya/Marcus Fernadi Gideon.

Dominasi China pun masih berlanjut di babak semifinal, di mana hanya ada tiga wakil yang tersingkir. Salah satu yang tersingkir yakni ganda campuran unggulan ketiga, Wang Yil Yu/Huang Dong Ping.

Baca Juga

Menyusul China, Indonesia masih mempertahankan posisi sebagai negara kedua dengan wakil terbanyak di babak empat besar, meski hanya empat wakil yang tersisa.

Sayangnya, Indonesia hanya mampu mengantarkan dua wakilnya di babak final. Kevin/Marcus secara mengejutkan dihentikan pasangan China, disusul Anthony Sinisuka Ginting yang ditaklukkanViktor Axelsen.

Baca Juga

Di partai final, China berhasil meraih gelar di sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Mereka meraih satu medali perak alias runner-up di sektor ganda putra.

Di belakang mereka ada Indonesia dengan raihan satu gelar di ganda putra dan runner-up di ganda putri.

Kemudian, raksasa Eropa, Denmark mampu mengamankan satu gelar di tunggal putra lewat Viktor Axelsen.

Baca Juga

Tiga gelar runner-up tersisa diamankan oleh Prancis lewat ganda campuran Thom Gicquel/Delphine Delrue; Chinese Taipei lewat Chou Tien Chen; dan Thailand lewat Ratchanok Intanon.

Usai Indonesia Masters 2022, masihkan dominasi China ini akan berlanjut di ajang Indoensia Open yang akan berlangsung 14-19 Juni pekan ini? Menarik untuk dinantikan.


2. Fajar/Alfian Penyelamat Tuan Rumah

Pasangan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian juara ganda putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Herry Iman Pierngadi menyebut kunci penting ini dalam sebuah konferensi pers, usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memenangi gelar Indonesia Masters 2022 pada Minggu (12/6/22).

Fajar/Rian mampu menjadi juara usai mengalahkan ganda putra China, Wei Liang Keng/Wang Chang dengan dua set langsung 21-10 dan 21-18 di Istora Senayan, Jakarta.

Kemenangan ini terasa menyejukkan bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mengingat Wei Liang Keng dan Wang Chang baru saja mendapat kemenangan penting.

Sebelumnya, pada laga semifinal yang digelar pada hari Sabtu (11/06/22), pasangan China mampu mengalahkan andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Satu kunci penting kemenangan Fajar/Rian menurut Herry IP adalah kehadiran kekasih dari Fajar dan Rian, yang menyaksikan dari tribun Istora Senayan.

Diketahui, Fajar Alfian menjalin hubungan dengan aktris peran, Susan Sameh, yang belakangan kerap hadir di Istora Senayan.

Baca selengkapnya

ChinaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia YifanIndonesia Masters 2022

Berita Terkini