x

Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Chou Tien Chen Ungkap Resep Comeback Lawan Jonatan Christie

Sabtu, 27 Agustus 2022 08:10 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis putra asal Taiwan, Chou Tien Chen, ungkap resep bisa comeback dramatis melawan Jonathan Christie di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Pebulu tangkis putra asal Taiwan, Chou Tien Chen, ungkap resep bisa comeback dramatis melawan Jonathan Christie di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Seperti yang diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 ini dihelat pada (22/08/22) hingga (28/08/22) di Tokyo, Jepang.

Baca Juga

Pebulu tangkis tunggal putra asal Indonesia, Jonathan Christie, tidak bisa menyembunyikan rasa kekecewaannya seusai disingkirkan Chou Tien Chen dalam babak rubber game.

Bagaimana tidak? Jojo sejatinya hanya perlu satu poin saja untuk menyegel kemenangan kontra wakil Taiwan tersebut saat kedudukan masih 15-20.

Namun, harapannya untuk lolos ke semifinal harus pupus setelah Chou Tien Chen melakukan epic comeback hingga akhirnya menang 22-20.

Baca Juga

Kendati kalah dalam pertandingan tersebut, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu tetap bersyukur sekaligus mengomentari kondisi angin saat babak rubber game.

“Puji Tuhan saya bisa menyelesaikan pertandingan dengan tanpa cedera. Kecewa pastinya tapi saya tadi sudah melakukan yang terbaik," kata Jonatan Christie dilansir dari rilis pers PBSI, Jumat (26/08/22).

"Kondisi angin cukup kencang di sisi lapangan saya yang terakhir. Chou mencoba terus menarik saya ke belakang dan itu yang beberapa kali menyusahkan," sambung Jojo.

Baca Juga

Di sisi lain, Chou Tien Chen mengakui ia bahagia bisa melakukan comeback saat melawan Jonathan Christie pada pertandingan kemarin (26/08/22).

Chou Tien Chen juga membeberkan resep mengapa ia bisa menambah tujuh poin berturut-turut guna menyegel kemenangan di babak rubber game.


1. Fokus adalah Kunci

Pebulutangkis Taiwan, Chou Tien Chen, runner up tunggal putra Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Chou Tien Chen mengawali langkah pertama dalam asanya meraih gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 dengan melawan wakil India B. Sal Praneeth.

Kendati melawan B. Sal Praneeth yang bukan non-unggulan, Chou Tien Chen tetap harus jatuh bangun hingga babak rubber game demi bisa lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga

Melawan wakil asal India tersebut, unggulan keempat sektor tunggal putra tersebut menang dengan skor unik, yaitu 21-15, 15-21, dan 21-15.

Setelah lolos dari 32 besar, wakil asal Taiwan itu dihadang oleh pebulu tangkis asal Kanada, Jason Anthony Ho-Shue.

Melawan Ho-Shue, Chou mampu lolos ke delapan besar dengan mulus setelah sukses memulangkan wakil asal Kanada itu dengan skor 21-15 dan 21-12.

Baca Juga

Masuk delapan besar sudah jelas pertandingan tidak akan semakin mudah, lawan Chou dalam pertandingan ini adalah wakil Hong Kong penghuni unggulan ke-14, Lee Cheuk Yiu.

Benar saja, Chou harus menjalani babak rubber game dengan pertandingan yang berlangsung cukup sengit. Kendati demikian, ia sukses lolos ke perempat final setelah menumbangkan Lee Cheuk Yiu dengna skor 21-16, 17-21, dan 21-18.

Di babak perempat final jelas sudah bukan hal yang lebih mudah lagi mengingat, Chou bakal menghadapi unggulan ketujuh asal Indonesia, Jonathan Christie.

Baca Juga

Namun, ia melewati rintangan tersebut dan lolos dengan dramatis saat mampu membalikkan keadaan tertinggal 5 poin dari 15-20 hingga berbalik unggul menjadi 22-20.

Chou Tien Chen pun membeberkan resep bisa melakukan comeback melawan Jonathan Christie.

“Setiap kali saya bermain, saya pasti kalah di perempat final. Saya selalu gugup saat di babak tersebut. Saya bahagia bisa melakukan comeback. Tidak ada rencana, saya hanya mencoba untuk tetap fokus,” ujar Chou.

Tentu, tekad pantang menyerah dan tetap fokus membawa ia bisa menyingkirkan Jonathan Christie secara dramatis. Kini Chou Tien Chen akan menghadapi raksasa asal Denmark, Viktor Axelsen, di semifinal.


2. Greysia Polii Soroti di-comeback-nya Jojo

Legenda ganda putri Indonesia, Greysia Polii pada acara konfrensi pers

Ikut gemas nonton drama Jonatan Christie kena tikung tragis atas Chou Tien Chen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Greysia Polii sampai kehabisan kata-kata.

Diketahui, pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, harus menelan pil pahit karena gagal melaju ke semifinal major event Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Tunggal putra ranking 7 dunia itu gagal ke semifinal usai di ‘comeback’ dengan menyakitkan oleh unggulan keempat asal Chinese Taipei, Chou Tien Chen.

Bertanding di Tokyo Metropolitan Gymnasium pada Jumat (26/08/22) siang WIB, Jonatan Christie takluk rubber game dengan skor 21-14, 11-21, 20-22 atas Chou Tien Chen.

Sejatinya sepanjang perjuangannya hampir 71 menit di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Jonatan Christie bermain cukup apik sejak awal laga. Permainan rally dengan shot ajaib Jonatan Christie, kerap membuat Chou Tien Chen kerepotan.

Baca selengkapnya: Ikut ‘Gemas’ Saat Jojo Ketikung Tragis di Kejuaraan Dunia, Greysia Polii Sampai Kehabisan Kata-kata

Chou Tien ChenJonathan ChristieBulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini