x

3 Capaian Fenomenal Carlos Alcaraz Usai Juara US Open 2022, Rafael Nadal Terpesona

Senin, 12 September 2022 19:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia, juara US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar

INDOSPORT.COM - Petenis muda Spanyol calon penerus Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia, berhasil tampil sebagai juara US Open 2022.

Ia menumpas perlawanan petenis Norwegia, Casper Ruud, lewat drama 4 set dan merengkuh gelar Grand Slam pertamanya sepanjag karier.

Baca Juga

Skor 6-4, 2-6, 7-6, 6-3 sudah cukup membawa sang ‘baby Nadal’ berjaya di Arthur Ashe usai terakhir kali menang di turnamen Madrid Open beberapa waktu lalu.

Saking emosionalnya, Carlos Alcaraz Garfia sampai tersungkur di lantai sembari mensyukuri kemenangannya di final US Open 2022.

Selain mendapat sambutan dan tepuk tangan meriah dari penonton, ia kemudian menghampiri tim dan pelatihnya dan memeluk mereka semua.

Baca Juga

Bicara setelah pertandingan, Carlos Alcaraz Garfia pun tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Ia juga mengaku terharu dengan apa yang berhasil diraih setelah memimpikannya untuk sekian lama.

“Sulit untuk berbicara sekarang, saya sangat emosional karena ini adalah cita-cita yang saya coba capai. Semua kerja keras yang telah saya lakukan dengan tim saya dan keluarga saya,

“Saya baru berusia 19 tahun, semua keputusan sulit ada pada orang tua saya dan juga tim saya juga. Ini adalah sesuatu yang sangat spesial,” ucapnya seperti dikutip dari laman ATP.

Baca Juga

Perjuangan Carlos Alcaraz Garfia untuk sampai ke final US Open 2022 tidaklah mudah. Ia bahkan harus melalui tiga pertandingan lima set yang tentunya sangat melelahkan.

Meski begitu, ia tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan saat menghadapi Casper Ruud, petenis yang juga punya misi besar di US Open 2022.


1. Carlos Alcaraz Fenomenal Tahun Ini

Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia, juara US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar

Ya, final men’s single US Open 2022 memang sudah diprediksi berlangsung super sengit. Tidak hanya memperebutkan gelar juara, kedua finalis juga memburu tempat di daftar teratas ranking dunia.

Hal inilah yang juga membuat motivasi Carlos Alcaraz berlipat ganda. Apalagi, ia menilai turnamen Grand Slam adalah event besar yang harus dihadapi dengan kepala tegak dan semangat berlimpah.

Baca Juga

“Tidak ada waktu untuk lelah menjalani putaran utama Grand Slam. Anda harus siap dan memberi semua yang Anda punya,” ucapnya lagi.

Berhasil memenangkan US Open 2022, nama Carlos Alcaraz Garfia pun dipastikan makin melejit. Nah, berikut tiga hal fenomenal yang berhasil diraih junior Rafael Nadal ini setelah jadi juara di Flushing Meadows.

Petenis Nomor 1 Dunia

Selain trofi juara US Open 2022, kemenangan atas Casper Ruud juga memastikan Carlos Alcaraz Garfia menjadi petenis nomor 1 dunia menggusur Daniil Medvedev.

Baca Juga

Namun gelar barunya ini tidak sembarangan, melainkan diiringi rekor hebat sebagai petenis nomor 1 dunia termuda sepanjang sejarah.

Ia adalah satu-satunya pemain berusia remaja (19 tahun) yang sukses menggondol predikat tersebut.

Selain itu, ia juga menjadi pemain asal Spanyol keempat yang menempati puncak ranking setelah Rafael Nadal, Carlos Moya, dan Juan Carlos Ferrero.

Baca Juga

“Luar biasa. Saya tidak pernah menyangka bisa meraihnya di usia 19 tahun. Segalanya terasa begitu cepat,” ucapnya.

Carlos Alcaraz Garfia pertama kali menginjakkan kaki di US Open 2022 sebagai pemain berperingkat 4. Setelah juara, ia naik tiga strip yang mana baru tiga kali terjadi juga sepanjang sejarah.


2. Juara US Open yang Sangat Berharga

Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia, juara US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar.

Tidak dapat dipungkiri, meroketnya peringkat Carlos Alcaraz Garfia dari peringkat 4 ke 1 merupakan pencapaian terbesar sepanjang sejarah ranking ATP.

Sebelum dirinya, hanya tiga pemain yang mengantongi catatan serupa yakni Rafael Nadal, Andre Agassi, dan Pete Sampars.

Capaian Tahun 2022

Trofi Grand Slam pertama Carlos Alcaraz Garfia di US Open 2022 secara otomatis menambah panjang raihan positifnya sepanjang tahun ini.

Sebelum bermain di New York, ia tercatat sebagai finalis Croatia Open, German Open, Madrid Open, Barcelona Open, Miami Open, dan Rio Open.

Dari turnamen-turnamen tersebut, ia berhasil memenangkan lima di antaranya, termasuk gelar ATP Masters 1000 pertama di Miami Open.

Poin demi poin ia kumpulkan dan sukses menembus 10 besar ranking dunia setelah meraih mahkota juara ATP 500 di Barcelona.

Kini, perjuangannya untuk merangkak naik ke puncak terbayar lunas. Dari ranking ATP yang dirilis sore ini, ia mengumpulkan 6.740 poin, sedangkan Casper Ruud berada di peringkat dua dengan 5,850 poin.

Pengakuan dari Rafael Nadal

Meraih gelar juara US Open sekaligus meragsek ke peringkat pertama dunia di usia 19 tahun, Carlos Alcaraz Garfia tentu mendapat banyak sanjungan dan ucapan selamat dari publik.

Salah satu orang yang sangat senang dengan pencapaian pemuda kelahiran Murcia itu adalah Rafael Nadal, yang kini berada di ranking 3 dunia.

“Selamat @carlosalcaraz untuk Grand Slam pertamamu dan untuk nomor 1, yang merupakan puncak musim hebat yang kau jalani. Aku yakin akan lebih banyak [gelar] lagi!” tulis sang senior via media sosial.

Rafael NadalGrand SlamTenisUS OpenBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini