Tokoh-Tokoh yang Berjasa pada Sepakbola Indonesia

Senin, 23 November 2015 18:29 WIB
Penulis: Devi Novitasari | Editor: Joko Sedayu
© GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-INTERNET
 Copyright: © GRAFIS: Muproni/INDOSPORT-INTERNET

Perjuangan membangun sepakbola Indonesia tidaklah mudah. Sepakbola dibangun atas dasar nasionalisme Indonesia sebagai bentuk dari realisasi Sumpah Pemuda 1928. Sejumlah nama berperan besar dan menjadi legenda yang dulu pernah berjaya dan berjasa begitu besar demi sepakbola Indonesia.

Sedih sekali jika melihat kondisi sepakbola Tanah Air yang sekarang terjadi, di mana hanya karena egoisme yang telah melupakan nasionalisme para pendahulu berujung pada keterpurukan sepakbola Tanah Air. Padahal, para pelaku sepakbola dahulu telah berjuang keras membanggakan Indonesia, di penghujung usia mereka tak sedikit dari para pahwalan ini harus menderita sebelum pulang ke pangkuan Ibu Pertiwi.

INDOSPORT mencoba mengulas beberapa tokoh yang sangat berjasa besar dalam lika-liku sepakbola Tanah Air. Di mana saat itu Indonesia masih sebagai sebuah bangsa terjajah dan sedang memperjuangkan kemerdekaannya dengan berbagai cara salah satunya melalui olahraga sepakbola. Hingga kemudian berhasil meraih posisi terbaik dan diperhitungkan sebagai salah satu raksasa Asia di bidang sepakbola.

Semoga kondisi sepakbola tanah air kembali berjaya dan menghasilkan raksasa baru Asia di dunia Sepakbola!

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%