Berdampak Positif, Saatnya Teknologi Rangkul Sepakbola Indonesia

Rabu, 11 Januari 2017 16:44 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Kemajuan teknologi di dalam negeri menjadi salah satu cara yang sedang ditempuh oleh tim-tim sepakbola Indonesia untuk menjaga euforia sekaligus menumbuhkan kecintaan sepakbola dalam negeri. Pemanfaatan teknologi juga bisa semakin memasyarakatkan sepakbola Indonesia di tengah gemerlapnya sepakbola Eropa.

Sejatinya, beberapa waktu lalu, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, pernah menekankan pentingnya peran teknologi untuk pengembangan olahraga di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menpora pada Seminar Ilmiah Olahraga di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu (08/10/16) siang. 

Roy Suryo yang saat itu memberikan materi dengan tema "Teknologi Pemicu Prestasi Olahraga Indonesia" mengatakan olahraga berkembang sedemikian pesat sehingga teknologi diperlukan untuk pengembangan kemampuan atlet. Perkembangan terjadi di semua sektor keolahragaan, baik sebagai sebuah manifestasi pendidikan, rekreasi, maupun prestasi.


Roy Suryo saat sedang berikan arahan.

"Teknologi ini harus menjadi salah satu komponen utama dalam sistem keolahragaan nasional, yang harus dikelola sungguh-sungguh. Sayangnya juga, pemerintah masih menempatkan olahraga di peringkat belasan," ucap Roy.

Sementara itu, di antara banyaknya teknologi baru yang berkembang pesat, internet merupakan sarana teknologi terpopuler dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi secara cepat dan praktis. Saat ini, sebagian besar dari kalangan masyarakat kita sudah menggunakan internet dalam kesehariannya, baik sebagai sarana untuk mencari informasi, bersosialisasi atau bahkan sebagai sarana untuk mencari penghasilan. 

Berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh internet nyatanya berhasil menyentuh kehidupan pribadi sebagian masyarakat Indonesia saat ini, seperti saling berinteraksi melalui sosial media, bertukar informasi di sana hingga tidak jarang juga masyarakat yang berhasil mendapatkan jodoh mereka dari media sosial yang memang banyak tersaji di internet.

Sekadar informasi, kecepatan internet rata-rata di Indonesia mencapai 6,4 Mbps selama kuartal ketiga 2016. Angka itu naik 115 persen dibandingkan kecepatan 3,0 Mbps pada periode yang sama tahun lalu. Dengan ini, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan kecepatan internet rata-rata paling tinggi se-Asia Pasifik.

Selain itu, pada zaman di mana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memiliki sebuah peranan penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, yang dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Bukan hanya itu, media olahraga online juga sudah mulai bermunculan di Indonesia karena banyaknya masyarakat yang menginginkan berita olahraga. Selain menjamurnya media olahraga, internet juga berhasil menciptakan hal-hal 'ajaib' lainnya yang tentunya semakin menjaga euforia olahraga khususnya sepakbola di Indonesia.

184