Datangi Rumah Perubahan, Timnas U-16 Pulang dengan Bekal

Selasa, 4 Juli 2017 20:35 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© http://pssi.org/
Skuat Timnas U-16 berkunjung ke Rumah Perubahan. Copyright: © http://pssi.org/
Skuat Timnas U-16 berkunjung ke Rumah Perubahan.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 mendatangi Rumah Perubahan yang didirikan oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD, pada Minggu, (02/07/17).  Selama di tempat yang berlokasi di Pondok Melati, Bekasi itu, skuat berjulukan Garuda Asia tersebut mendapatkan beberapa bekal motivasi untuk menambah kepercayaan diri.

Rumah Perubahan merupakan tempat untuk melakukan perubahan secara nyata dengan memperbarui kesejahteraan masyarakat. Berbeda dengan dunia akademis yang serba teoretis dan paper based, Prof. Rhenald menginginkan lembaga yang dibangunnya itu untuk melakukan perubahan nyata yang konkret dan praktis.

Dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih selama dua jam itu, Skuat Timnas U-16 diajak untuk melakukan berbagai macam permainan dan wisata mengelilingi lokasi Rumah Perubahan. Layaknya Kebun Raya Bogor versi mini, berbagai macam tumbuhan dan tanaman ramai menghiasi. Ada juga binatang-binatang seperti rusa, sapi, dan kerbau. Tak luput, fasilitas outbond juga terdapat di Rumah Perubahan.

Pasca kegiatan, pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini, menyatakan bahwa acara semacam ini sangat bermanfaat untuk skuat asuhannya. Tak lupa, arsitek asal Aceh itu juga bersyukur Rendy Juliansyah dan kolega mendapat tambahan wawasan untuk meningkatkan mental bertanding.

Baca Juga:

“Banyak pengetahuan baru dari pelatihan hari ini. Sebagai pemain muda, mereka perlu belajar banyak hal. Bukan hanya masalah sepakbola saja, tetapi juga harus belajar manajemen untuk pengelolaan diri dan pribadi mereka sendiri,” kata Fakhri seperti dilansir dari laman PSSI.org.

“Saya pribadi bersama para pemain bersyukur bisa hadir selama dua jam di Rumah Perubahan. Ada banyak juga pelajaran baru yang bermanfaat buat saya sebagai pelatih maupun para pemain di lapangan,” tambahnya.

© Instagram @pssi_fai
Timnas U-16 Indonesia unggul 11-0 atas Taiwan Copyright: Instagram @pssi_faiTimnas U-16 Indonesia unggul 11-0 atas Taiwan.

Setelah ini, Timnas U-16 akan kembali fokus latihan sebagai persiapan dalam mengarungi Piala AFF U-15 pada 9-22 Juli mendatang di Thailand. Sebelum bertolak menuju Negeri Gajah Putih, Garuda Asia  melakoni dua laga uji coba melawan Bina Taruna dan Persija Jakarta U-19, Selasa (04/17/17) sore ini.

“Dengan adanya acara ini, total sudah dua motivator (Erbe Sentanu dan Rhenald Kasali). Saya berharap anak-anak semakin punya motivasi dan mental kuat untuk menghadapi semua lawan-lawan mereka di kemudian hari nanti,” pungkas Fakhri.