Deretan Jalinan Kasih antar Klub dan Suporter Sepakbola

Rabu, 2 Agustus 2017 18:19 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Di tengah-tengah rivalitas dalam sepakbola, baik itu antar klub maupun suporter, ternyata masih banyak ditemukan jalinan harmonis dan persahabatan yang erat. Hal tersebut tentu punya latar belakang, entah itu dari sisi historis, kemiripan kultur/budaya/sub-kultur, dan sebagainya.

Namun tidak jarang pula, kelompok suporter sebuah klub sepakbola berteman atau berhubungan baik antar fans tertentu karena membenci musuh yang sama. Banyak faktor yang bisa menciptakan jalinan kekerabatan yang erat, dan biasanya karena alasan yang unik.

Berikut ini INDOSPORT merangkumnya dalam jalinan persabatan antar klub dan suporter sepakbola baik itu dalam dan luar negeri.

Juventus dan Notts County

© thefightingcock.
Juventus dan Notts County. Copyright: thefightingcock.Juventus dan Notts County.

Juventus, salah satu kekuatan terbesar di Eropa, memiliki hubungan historis dengan salah satu tim terbaik di....Nottingham, Notts County. Penyebabnya adalah kostum.

Dulu, Juventus tidak mengenakan jersey hitam strip putih seperti yang kita kenal, melainkan merah muda atau pink polos dengan ornamen seperti dasi berwarna hitam. Lama kelamaan, karena belum ada teknologi laundry memadai, seragam yang terus menerus dicuci perlahan pudar.

John Savage, salah satu penggawa Juve awal 1900-an, diminta untuk pergi ke Inggris mengambil stok jersey. Di sana, Savage bertemu dengan rekannya yang merupakan suporter Notts County. Ia lalu diberikan lusinan kaos Notts County berwarna hitam-putih seperti kostum Juventus saat ini.

Desain kostum itu terus dipakai oleh Juve selama lebih dari 100 tahun, dan untuk menghormati jalinan persahabatan antara kedua tim tersebut, Juve mengundang Notts untuk menjadi lawan pertama mereka di pembukaan stadion baru, Juventus Stadium pada tahun 2011.

3.2K