Kutip Kata Bijak Nabi Muhammad SAW, Suporter Klub Ini Serukan Anti-Rasis di Sepakbola

Kamis, 31 Agustus 2017 22:17 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© vocativ
Rasisme dalam sepakbola sudah mengkhawatirkan dan perlu ditangani secepatnya Copyright: © vocativ
Rasisme dalam sepakbola sudah mengkhawatirkan dan perlu ditangani secepatnya

Meski pertandingan sepakbola cenderung panas lantaran kedua tim saling bersaing. Bahkan demi gelar juara, saling menjatuhkan mental. Hal ini berpengaruh hingga ke pendukung mereka. Saking gak suka dengan pemain lawan, pendukung salah satu klub mengejek habis-habisan, cenderung ke arah 'bully'. Dan yang paling sering dilontarkan yakni perkataan cenderung rasis, terutama soal warna kulit.

Namun suporter klub ini punya cara ampuh untuk melawan rasisme di lapangan hijau. Adalah penggemar klub Galatasaray dalam sebuah pertandingan membentangkan spanduk dengan tulisan kalimat bijak yang pernah diucap Nabi Muhammad SAW. Begini bunyi kalimatnya, "Tidak ada putih yang berkuasa atas hitam dan pula tidak ada hitam yang berkuasa atas putih". Keren, kan?

Rasisme di sepakbola memang sudah di ambang batas kewajaran. Malah tingkatan ini sudah mempengaruhi di lapangan. Baru-baru ini rasisme menimpa seorang pemain Pescara, Sulley Ali Muntari. Mirisnya lagi, saat mengadu ke wasit, ia malah diberikan kartu kuning. Karena itulah rasisme harus dihentikan demi tercapainya sportifitas.

9.5K