Kualifikasi Piala Asia U-19

Jalani Latihan Perdana, Rifad Marasabessy: Korea Lebih Dingin dari Prancis

Minggu, 29 Oktober 2017 22:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan. Copyright: © PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 telah berada di Korea Selatan dan menjalani latihan perdana di Paju National Football Centre pada Minggu (29/10/17) sore tadi untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 pada 31 Oktober hingga 6 November mendatang.

Skuat Garuda Nusantara tiba siang tadi di Negeri Ginseng dan disambut dengan udara dingin sekitar 11 derajat celsius, sehingga tim pelatih memutuskan memberi menu latihan hanya sekitar sejam pada sore hari tadi dengan lebih mengutamakan proses adaptasi cuaca.

© PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan. Copyright: PSSILatihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan.

"Begitu tiba di Korea pada siang hari kami langsung latihan sore di Paju National Football Centre. Kondisi cuaca dingin 11-12 derajat ditambah angin kencang, sehingga kami latihan ringan untuk proses adaptasi. Latihan berlangsung selama 1,5 jam. Pemain dalam kondisi baik dan siap menghadapi semua lawan Kualifikasi Piala Asia U-19," tutur pelatih Indra Sjafri.

Meski berada di bawah udara yang membekukan kulit, bek kanan Timnas U-19, Rifad Marasabessy menyatakan tetap antusias mengikuti latihan. Pemain muda milik Madura United itu menegaskan kendala cuaca dingin harus bisa dilawan dan bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan di kualifikasi kali ini meski Indonesia sudah dipastikan tampil di babak utama sebagai tuan rumah Piala Asia U-19 tahun depan.

"Kami tadi diberi materi latihan taktik serta adaptasi cuaca disini. Suhu di sini lebih dingin dibanding saat kita di Prancis lalu. Meski begitu hal ini tak bisa dijadikan alasan, kita tetap akan fight dan siap tempur pada laga Kualifikasi Piala Asia U-19 nanti," tegas pemain asal Maluku tersebut.

© PSSI
Latihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan. Copyright: PSSILatihan perdana Timnas U-19 di Korea Selatan.

Pada kualifikasi Piala Asia U-19 kali ini Skuat Garuda Nusantara tergabung di Grup F bersama dengan tuan rumah Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Keikutsertaan Timnas U-19 pada kualifikasi Piala Asia U-19 ini murni keinginan pelatih Indra Sjafri. Ia ingin memberikan pengalaman dan jam terbang internasional bagi pemainnya meski sudah dipastikan tampil di babak utama Piala Asia U-19 tahun depan.

999