Bursa Transfer

Rekap Rumor Transfer Liga 1: Maitimo Ditaksir MU, Persija Incar Jebolan Klub Belanda

Jumat, 22 Desember 2017 19:01 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© voetbalzon
Raphael Maitimo, mantan gelandang Persib Bandung. Copyright: © voetbalzon
Raphael Maitimo, mantan gelandang Persib Bandung.

Waktu dua bulan sebelum kompetisi Liga 1 musim 2018 resmi bergulir benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh 18 klub yang menjadi peserta. Mulai dari sekadar menggelar latihan, klub-klub itu juga aktif di bursa tranfer demi menambah amunisi mereka dalam mengarungi persaingan ketat di kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

Klub yang baru saja promosi dari Liga 2, PSIS Semarang melalui akun Twitter resminya mengumumkan kedatangan pemain barunya. Sosok tersebut adalah Frendi Saputra yang didatangkan dari Perserang Serang.

Selain itu, Persela Lamongan juga mendapat kabar gembira karena baru saja mengikat kontrak Dio Permana. Gelandang berusia 22 tahun itu sukses didatangkan dari Arema FC.

Selain dua kabar tersebut, INDOSPORT merangkum sejumlah rumor transfer klub-klub Liga 1 musim 2018 yang terjadi per hari ini, Jumat (21/12/17):

PSMS Medan

© Indosport/Kesuma Ramadhan
PSMS Medan Copyright: Indosport/Kesuma RamadhanPSMS Medan.

Persib Bandung melalui situs resminya mengumumkan tidak memperpanjang masa bakti salah satu pemain lamanya, Jajang Sumara. Meski begitu, pemain yang akrab disapa Jasuk itu tidak perlu khawatir mencari klub baru, pasalnya PSMS Medan disebut tertarik untuk merekrutnya. Bila jadi berlabuh ke PSMS, Jasuk bisa bernostalgia dengan mantan pelatihnya di Persib, yakni Djajang Nurdjaman.

Persija Jakarta

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Faysal Shayesteh menjalani seleksi bersama Persija Jakarta. Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTFaysal Shayesteh menjalani seleksi bersama Persija Jakarta.

Sempat ramai dibicarakan, Persija Jakarta pada akhirnya batal mendatangkan pemain asal Australia, Isaka Cernak. Hal itu terjadi karena setelah melakukan tes medis didapati Cernak pernah punya riwayat cedera serius.

Sebagai pengganti dari Cernak, Persija pun mengalihkan pandangannya ke pemain asal Afghanistan, Faysal Shayesteh. Jebolan akademi klub Belanda FC Twente itu sendiri pada awal 2017 pernah menjalani trial di Arema FC.

Mitra Kukar

© Ian Setiawan/Indosport
Ahmad Bustomi Copyright: Ian Setiawan/IndosportAhmad Bustomi disebut akan segera bergabung dengan Mitra Kukar.

Setelah resmi mendatangkan Rafael Berges Marin sebagai arsitek permainan, Mitra Kukar langsung bergerak cepat untuk mengincar pemain baru. Kabar terbaru menyebutkan bahwa dua penggawa Arema FC, Arif Suyono dan Ahmad Bustomi menjadi incaran Naga Mekes.

Presiden Mitra Kukar, Endri Erawan sendiri telah angkat bicara bahwa dalam waktu dekat Arid Suyono dan Ahmad Bustomi akan dikenalkan sebagai pemain baru.

Madura United

© Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Ginanjar/INDOSPORTRaphael Maitimo.

Melalui posting-an di Instagramnya, Raphael Maitimo mengonfirmasi bahwa dirinya telah dilepas oleh Persib Bandung ke klub lain. Disinyalir, gelandang berusia 33 tahun tersebut akan bergabung dengan salah satu peserta Liga 1 yang berada di Jawa Timur (Jatim).

Sebagai salah satu klub Jatim di Liga 1, Madura United angkat bicara terkair rumor Maitimo. Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut tidak membantah akan melabuhkan mantan pemain Persija Jakarta itu.

404