Liga Italia

Sekelumit Kisah Han Kwang-song, Striker Korut yang Ciptakan 3 Sejarah di Italia

Rabu, 17 Januari 2018 18:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Penyerang Timnas Korea Utara, Han Kwang-song. Copyright: © Getty Images
Penyerang Timnas Korea Utara, Han Kwang-song.

Jelang berakhirnya transfer musim dingin di kompetisi elite Eropa, sejumlah klub semakin gencar melakukan perburuan pemain. Tujuannya jelas, yakni agar bisa menambah amunisi untuk menghadapi sisa kompetisi sembari berharap bisa finis di posisi terbaik.

Salah satu klub yang tengah gencar untuk mendatangkan pemain adalah raksasa Italia, Juventus. Meski sudah belanja besar-besaran sebelum kompetisi musim 2017/18 dimulai, Si Nyonya Tua masih belum berhenti memburu pemain, khususnya talenta-talenta muda.

Terbaru, klub besutan Massimiliano Allegri tersebut dilaporkan tengah mengincar penyerang asal Korea Utara milik Cagliari, Han Kwang-song. Ketertarikan Juventus pada Han Kwang tentu tidak lepas dari performanya selama merumput di Italia.

© INDOSPORT
Penyerang Timnas Korea Utara, Kwang Song Han. Copyright: INDOSPORTPenyerang Timnas Korea Utara, Han Kwang-song.

Berada di negara asal gladiator selama setahun lebih, Han Kwang telah berhasil delapan kali membuat kiper lawan memungut bola dari gawangnya. Tujuh di antaranya ia lakukan ketika menjalani masa peminjaman di kasta Serie B bersama Perugia.

Sayangnya, harapan Han Kwang untuk bisa menjadi pemain Korea Utara pertama yang bermain di Liga Champions bersama Juventus terbentur dinding tebal. Hal itu tidak lepas dari kenyataan bahwa ia merupakan warga negara Korut, yang mau tidak mau harus menuruti aturan yang ditetapkan oleh pemerintahnya.

Seperti dilansir dari Daily Mail, pemerintah Korut memiliki kebijakan bahwa gaji warganya yang bekerja di luar negeri adalah milik negara. Secara tidak langsung, kebijakan itu membuat sebuah klub seperti memberi donasi langsung pada negara sang pemain.

Hal tersebut pun membuat Juventus menjadi enggan untuk merekrut Han Kwang, lantaran tidak ingin memberi uang pada Korut, yang tengah gencar melakukan proyek senjata nuklir.

Selain permasalahan sulitnya ia berlabuh ke Juventus, Han Kwang masih memiliki sejumlah kisah menarik lain dalam perjalanan karier sepakbolanya. Ada yang menyedihkan, namun ada juga yang membanggakan. Berikut INDOSPORT sajikan pemaparannya:

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
33%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%