Liga Inggris

Big Four Liga Inggris Dalam 6 Musim Terakhir

Minggu, 4 Februari 2018 21:24 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

Liga Inggris selalu menarik untuk diikuti oleh penggila sepakbola setiap tahunnya. Liga Inggris begitu berbeda dengan Liga-Liga Eropa lainnya. Sebut saja Liga Jerman, Liga Italia dan Liga Spanyol.

Perbedaan itu terletak dari pendapatan tiap klub Liga inggris yang jauh berbeda dengan liga lainnya. Liga inggris selalu mengalami peningkatan financial disetiap musimnya. 

Akibat dari pendapatan yang melonjak itu, setiap tim-tim Inggris mengerahkan kemampuan terbaik mereka untuk bersaing di papan klasemen liga di negara Ratu Elizabeth tersebut. 

Bayangkan saja, seperti dilansir dari totalsportek pendapatan tim yang menghuni dasar klasemen seperti Sunderland di musim 2016/2017 bisa mencapai 99 juta pounds atau setara dengan Rp1 triliun. Sedangkan Chelsea yang menjadi juara di musim itu mendapatkan hadiah sebesar Rp2,89 triliun itu.

Sedangkan klub yang finish di urutan 2, 3 dan 4 klasemen musim 2016/2017 lalu masing masing klub mendapatkan total hadiah sebesar 148 juta pounds atau setara dengan Rp2,8 triliun. Pembagian dari hak siar yang secara merata untuk ke-20 klub juga menjadikan Liga Premier Inggris menjadi liga yang paling adil dalam menggeluti olahraga yang sudah mengindustri tersebut.

© Internet
Caption Copyright: InternetPremier League

Tercatat peringkat 1 hingga 20 sama-sama mendapatkan 38 juta pounds atau setara dengan Rp719 miliar dari hak siar saja. Dengan perhitungan 50 persen dibagikan secara merata dari total pendapatan hak siar Liga Inggris yang mencapai 1,8 miliar pounds atau setara dengan Rp34 triliun.

Dengan pendapatan yang sangat 'wah' tersebut tidak heran jika Liga Inggris pantas disebut sebagai Liga yang paling mahal serta yang paling ketat di seantero dunia. Namun kali Ini INDOPSORT merangkum Big Four di Liga Inggris dalam kurun 6 tahun terakhir. Tercatat ada 6 hingga 7 tim yang secara ketat memperebutkan posisi Big four dalam periode tersebut.