Liga Indonesia

Arti Penting Jakmania di Mata Bambang Pamungkas

Minggu, 4 Maret 2018 06:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© kumparan.com
Konvoi Jakmania di Jakarta. Copyright: © kumparan.com
Konvoi Jakmania di Jakarta.

Bagi sebuah klub suporter bisa diibaratkan napas kehidupan yang menunjang perjalanan mereka. Tanpa suporter yang menyaksikan, bisa jadi pemain kehilangan semangat untuk bisa meraih kemenangan.

Tidak mengherankan jika ada istilah yang mengatakan suporter adalah pemain ke-12 dari tim yang sedang bertanding. Pasalnya, yel-yel yang diperdendangkan suporter bisa menjadi pecutan semangat bagi pemain, sekaligus teror bagi pemain lawan.

Beruntunglah klub asal ibu kota, Persija Jakarta. Pasalnya, mereka memiliki ribuan suporter fanatik yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Basis fans yang dikenal sebagai The Jakmania tersebut tidak pernah lelah untuk selalu bisa mendukung Macan Kemayoran.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jakmania tidak pernah berhenti memberi semangat Persija Jakarta saat melawan Tampines Rovers. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJakmania tidak pernah berhenti memberi semangat Persija Jakarta saat melawan Tampines Rovers.

Totalitas tanpa batas yang telah ditunjukkan oleh para Jakmania itu pun disadari oleh legenda hidup Persija, Bambang Pamungkas. Pria yang akrab disapa Bepe ini bahkan berani mengatakan bahwa Jakmania adalah pendukung terbaik di dunia.

© Media Persija
Bambang Pamungkas selebrasi usai cetak gol ke gawang Mitra Kukar. Copyright: Media PersijaLegendan Persija, Bambang Pamungkas.

"Para pendukung Persija bisa dibilang mereka adalah yang terbaik di Asia, atau bahkan mungkin di dunia. Mereka rela melakukan apa saja untuk bisa mendukung tim ini. Tidak hanya saat kami melakoni laga kandang, tapi juga setiap laga tandang," ujar Bepe dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari situs resmi AFC.

"Bagi saya mereka sangat, sangat, sangat penting untuk kami (Persija)," tutup mantan kapten Timnas Indonesia tersebut.

Perlu diketahui, Persija sendiri saat ini tengah mempersiapkan diri jelang laga ketiga penyisihan Grup H Piala AFC 2018. Mereka akan menghadapi wakil Vietnam, Song Lam Nghe An di Vinh Stadium pada Selasa (06/03/18) mendatang.

925