Liga Champions

Liverpool 0-0 Porto: The Reds Langkahi Duo Manchester

Rabu, 7 Maret 2018 05:01 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter @ChampionsLeague
Mohamed Salah mencoba melepaskan tendangan ke gawang Porto. Copyright: © Twitter @ChampionsLeague
Mohamed Salah mencoba melepaskan tendangan ke gawang Porto.

Babak Pertama

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Anfield ini diawali dengan mengheningkan cipta untuk menghormati kapten Fiorentina, Davide Astori yang meninggal hari Minggu lalu, (04/03/18) Unggul agregat lima gol dan tampil dengan mayoritas skuat utama, Liverpool tampil santai di depan publik The Kop. Meski begitu 10 menit jalannya pertandingan lebih banyak diwarnai oleh pelanggaran oleh kedua kesebelasan.

Bebagai percobaan dari kedua tim juga masih terbentur oleh rapatnya tembok kedua kesebelasan yang saling bermain terbuka itu.

Peluang emas baru hadir pada menit ke-31. Lewat Sadio Mane yang lolos setelah menerima umpan matang james Milner di kotak penalti. Namun sayang, tendangan pemain Liverpool itu masih mengenai tiang kanan gawang Porto yang dikawal Casillas. Bola yang memantul juga tidak bisa dijangkau kembali oleh pemain lainnya.

© GettyImages
Emre Can melanggar Bruno Xavier. Copyright: GettyImagesEmre Can melanggar Bruno Xavier.

Permainan keras kedua tim akhirnya berbuah kartu kuning kepada pemain Porto, Andre Andre. Dan hadiah tendangan bebas yang dieksekusi oleh Moreno hampir saja berbuah gol, andai tandukan Lovren yang menyambut umpan Moreno tidak melambung diatas gawang Iker Casillas.

Tidak ada peluang berarti sampai wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir tepat di menit ke-45+1 dan skor bertahan imbang 0-0.

Babak Kedua

Jalannya babak kedua ditandai dengan Percobaan gagal dari James Milner. Tembakan wakil kapten Liverpool itu dengan kaki kanan dari bagian tengah kotak penalti masih melebar ke kanan gawang Porto.

Selanjutnya kedua tim saling berganti membuka peluang. Maxi Pereira, Majeed Waris, oliver Torres, dan Bruno Costa semua peluangnya masih mentah begitu saja melebar dari gawang Loris Karius. Begitu juga Emre Can, Firmino, dan Alberto Moreno yang percobaannya untuk Liverpool masih berujung kebuntuan.

Setelahnya pelatih kedua tim melakukan perubahan strategi. Klopp di Liverpool menarik Firmino dan memasukan Danny Ings. Sementara itu Sergio Conceicao memasukan Sergio Oliviera dan Ricardo Pereira mengantikan Andre Andre dan Waris.

Terus menyerang namun tak ada hasil tercipta, Klopp akhirnya memasukan mesin gol The Reds, Mohamed Salah peda menit ke-76 mengantikan Sadio Mane. Lima menit diatas lapangan, Pemain Timnas Mesir itu langsung membuka peluang, namun sayang tendangannya ke sudut kanan gawang Porto masih bisa diselamatkan oleh Iker Casillas.

Menit ke-84 Porto mendapatkan peluang emas dimuka gwang Liverpool. Namun tendangan keras Oliver Torres maish bisa diblok dengan cepat oleh Ragnar Klavan yang baru masuk menggantikan Emren Can.

Menit ke-88 giliran Liverpool yang mendapat peluang emas. Tandukan Danny Ings hampir saja menjebol gawang Porto andai Casillas tidak sigap menghalau bola yang menghujam ke tengah gawangnya.

Diwaktu tersisa, pertandingan justru berjalan keras dengan pelanggaran-pelanggaran. Termasuk pelanggaran Diogo Dalot yang berbuah kartu kuning dan menjadi penanda berakhirnya pertandingan tanpa satupun gol tercipta.

Hasil ini memastikan anak asuh Jurgen Klopp menjadi tim Inggris pertama yang melaju ke babak permepatfinal Liga Champions 17/18 dengan kemenangan agregat 5-0. Wakil Inggris sendiri masih ada dua yang tersisa di ajang Liga Champions 2017/18.

Dua klub itu yakni Manchester United dan Manchester City. Man City baru akan memulai laga led kedua babak 16 besar menghadapi Basel pada Kamis (08/03/18) besok, sementara Man United baru menghadapi Sevilla pekan depan.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Karius; Gomez; Lovren, Matip, Moreno; Can (Klavan), Milner, henderson; Lallana, Mane (Salah), Firmino.
Pelatih: Jurgen Klopp.

Porto (4-5-1): Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Reyes, Diogo Dalot, Oliver, Andre Andre (Sergio Oliviera), Bruno Costa, Corona, Waris (Ricardo Pereira), Aboubakar (Paciencia).
Pelatih: Sergio Conceicao.

156