Liga Indonesia

Pindah Klub Saat Moncer, Kiper Arema FC Sempat Dilanda Gundah Gulana

Selasa, 17 Juli 2018 13:13 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: © INDOSPORT
Logo Arema FC.

Kebijakan yang tidak umum mesti ditempuh salah satu klub raksasa Liga 1Arema FC pada aktifitas bursa transfer. Joko Ribowo yang tengah mencapai top performance, justru masuk dalam daftar pencoretan pemain di jeda kompetisi musim ini.

Statistik eks kiper andalan Mitra Kukar dan Persema Malang itu sebenarnya lumayan ciamik, dengan mencatat 10 pertandingan dengan jumlah kebobolan 7 gol sepanjang 16 pekan kompetisi.

Pertimbangan dekat dengan keluarga, menjadi satu pertimbangan penting dari penjaga gawang kelahiran Demak itu. Tawaran PSIS Semarang pun cukup memikat hatinya, lantaran tidak terlampau jauh jaraknya dari tempat tinggal keluarga di Jawa Tengah.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: RONALDO GABUNG JUVENTUS, 12 PESEPAKBOLA TERJEBAK DI GUA

Keputusan yang cukup wajar, mengingat kiper dengan nomor punggung favorit 33 itu lama merantau jauh dari kampung halaman. Terakhir kali Joko Ribowo bermain di sekitar Jawa Tengah adalah musim 2013 silam, saat memperkuat Persijap Jepara di pentas IPL.

"Ya mungkin sudah waktunya bermain sekaligus dekat dengan keluarga, khususnya orang tua. Saya juga punya SSB (Sekolah Sepak Bola) di Pati yang perlu perhatian juga," ungkap pemain yang kerap berpenampilan religius tersebut.

Kendati rela tergusur posisinya, Joko Ribowo tetap bersikap profesional dalam menyikapinya. Hanya dirinya sempat dilanda gundah gulana, lantaran keputusannya hijrah dari Malang mendapat protes kecil dari Heighenisa Lega Ribowo, putri kesayangan yang kadung jatuh hati kepada Arema dan suporternya.

"Dia sempat menangis, waktu saya kabari kalau ayahnya tidak bermain di Arema lagi. Tapi lama-lama dia mengerti dengan resiko dalam karir sepakbola profesional seperti ini," sambungnya.

Formasi kiper di skuat Arema FC pun berubah, pasca hengkangnya Joko Ribowo dan Tedi Heri Setiawan. Sebagai penggantinya, Arema merekrut Srdjan Ostojic, kiper asal Serbia untuk melengkapi Kurniawan Kartika Aji dan Utam Rusdiana di sisa kompetisi musim ini.