Liga Spanyol

4 'Sampah Barcelona' yang Jadi Emas di Klub Top Eropa

Sabtu, 27 Oktober 2018 08:23 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Isman Fadil
© Sportskeeda
Lionel Messi, Cesc Fabregas dan Gerard Pique. saat masih berada di La Masia. Copyright: © Sportskeeda
Lionel Messi, Cesc Fabregas dan Gerard Pique. saat masih berada di La Masia.

INDOSPORT.COM - Akademi untuk pembinaan usia dini adalah bagian penting di sepak bola. Salah satu akademi yang terkenal di Eropa adalah La Masia, milik raksasa Catalan, Barcelona.

Kesuksesan Barcelona tak lepas dari para pemain binaan akademi La Masia. Semua orang tentu kenal nama-nama seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique dan sebagainya yang turut membawa Los Blaugrana meraih berbagai gelar.

Namun, tak semua pemain berbakat dari akademi mudah mendapat tempat di tim utama. Banyak juga yang ternyata justru cukup sukses saat merantau keluar klub yang bersangkutan.

Di Chelsea, Ruben Loftus-Cheek misalnya. Loftus-Cheek merupakan pemain hasil didikan Chelsea. Dia menemukan sinarnya saat dipinjamkan ke klub papan tengah Liga Inggris, Crystal Palace sebelum dipulangkan lagi oleh The Blues dan berhasil mencetak hattrick saat Chelsea menang 3-0 lawan BATE Borisov di laga fase grup Liga Europa, Jumat (26/10/18) dini hari WIB. Walaupun demikian, Loftus-Cheek jarang diberi kesempatan bermain oleh pelatih Chelsea saat ini, Maurizio Sarri. 

Begitu pula dengan lulusan La Masia yang kurang mendapatkan kesempatan tampil di tim utama, namun sukses ketika pindah dari Barcelona. Berikut ini beberapa nama-nama pesepak bola lulusan La Masia yang sukses ketika pindah dari Camp Nou, sebagaimana dilansir dari situs berita olahraga, Fox Sports.

537