Bola Internasional

Lopetegui dan 3 Pelatih yang Berakhir Memilukan Bersama Klub yang Dilatihnya

Rabu, 31 Oktober 2018 11:08 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Julen Lopetegui, Pelatih Real Madrid. Copyright: © Getty Images
Julen Lopetegui, Pelatih Real Madrid.

INDOSPORT.COM Julen Loptegui tidak sendiri karena tiga pelatih dunia ini juga berakhir memilukan bersama klub yang dilatihnya. Lopteguis dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Real Madrid usai timnya itu dikalahkan telak oleh Barcelona dengan skor 1-5.

Karier Julen Lopetegui di Real Madrid berakhir sudah setelah pihak klub memecatnya menyusul hasil buruk di tujuh laga terakhir semua kompetisi. Puncaknya adalah saat Los Blancos dihajar lima gol berbalas satu oleh rival utama Barcelona di Camp Nou dalam laga pekan ke-10 La Liga Spanyol, Minggu (28/10/18).

Miris memang bagi Lopetegui. Dipecat tim nasional Spanyol jelang Piala Dunia 2018 di Rusia demi melatih klub sebesar Real Madrid, akhirnya tak berakhir manis karena dalam lima bulan, dia dua kali dipecat dari jabatan penting.

Pelatih sepak bola, sehebat apapun dia, adalah manusia biasa. Bisa jadi dia sangat sukses di suatu klub atau tim nasional, namun saat melatih tim berbeda atau di tahun berikutnya (sekalipun melatih tim yang sama), malah gagal total. Joachim Loew, misalnya.

© INDOSPORT
Toni Kroos (tengah) tampak lesu saat Real Madrid dikalahkan Barcelona. Copyright: INDOSPORTToni Kroos (tengah) tampak lesu saat Real Madrid dikalahkan Barcelona.

Semua terasa sempurna saat membawa Jerman juara Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun, semua jadi bencana saat Die Mannschaft gagal lolos fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia, beruntung dia masih dipertahankan menangani tim Panser.

Berikut adalah beberapa kegagalan manajer sepak bola yang paling memalukan sebagaimana dilansir dari situs Goal.