Bola Internasional

Pimpin Laga Copa Libertadores, Wasit Piala Dunia 2018 Diamankan Polisi

Kamis, 1 November 2018 15:22 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© thesun.co.uk
Andres Cunha, wasit asal Uruguay di Piala Dunia 2018. Copyright: © thesun.co.uk
Andres Cunha, wasit asal Uruguay di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM – Sempat kalah pada leg pertama semifinal kompetisi sepak bola Copa Libertadores, River Plate tahu bahwa pada leg berikutnya mereka harus memenangkan pertandingan demi menjaga asa ke final Copa Libertadores dan menyabet gelar juara.

Namun walaupun sempat menguasai permainan mereka akhirnya harus kemasukan gol lebih dulu pada menit ke 35 melalui kaki Leonardo dan membawa Gremio unggul 1-0 atas tamunya.

Tapi River Plate terus menerus menekan lawanya dan akhirnya pada menit 81 mereka berhasil menyamakan kedudukan melalui Rafael Borre.

Keadaan yang imbang antara Gremio dan River Plate ini menjadikan kedua tim ingin melesakan gol penentu kemenangan mereka, karena kedua tim sama-sama membutuhkan satu gol untuk memastikan laju mereka ke final Copa Libertadores.

Akhirnya kejadian yang membungkam mulut ribuan supporter Gremio yang memenuhi Arena do Gremio terjadi pada menit ke 86 saat Bressan menyentuh bola di kotak terlarang, melalui VAR wasit pun menunjuk titik putih. Gonzalo Nicolas Martinez yang ditunjuk sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan baik dan membawa River Plate unggul gol tandang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Wow. Scenes in South America! 95th minute VAR penalty 📺 River Plate score & win 2-1 😱 Riot police called in 🚓 Referee Andres Cunha had to be protected by the riot police after awarding River Plate a last-minute penalty to upset previous champions Gremio in the Copa Libertadores semi-final. River Plate could be facing bitter rivals Boca Juniors next… 👀

A post shared by Sky Sports (@skysports) on

Gol ini selain membuat Gremio harus mengubur mimpi mereka untuk melaju ke final Copa Libertadores juga mengakibatkan dampak yang lain. Sang wasit pertandingan, Andres Cunha yang dianggap sebagai biang keladi kekalahan Gremio pun menjadi sasaran suporter.

Tak heran wasit yang pernah memimpin laga Piala Dunia 2018 itu harus dikawal polisi saat meninggalkan lapangan pertandingan, untuk menghindari kerusuhan yang berkepanjangan.

Tidak hanya supporter, para pemain sepak bola di klub Gremio pun turut mengerumuni sang pengadil untuk menanyakan terkait keputusanya memberikan hadiah penalti di menit akhir kepada sang lawan.

Dengan hasil ini River Plate memastikan langkahnya ke babak final Copa Libertadores dan mengincar gelar ke 4 mereka pada kompetisi di benua Amerika Selatan itu. Di pihak lain kemungkinan terjadi sesama argentina final karena Boca Junior yang menghadapi Sao Paulo sudah unggul 2-0 pada leg pertama mereka.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM