Bola Internasional

Pemainnya Tak Dipanggil Timnas, Ini Tantangan dari Pelatih PSM Makassar

Jumat, 9 November 2018 16:17 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fitra Herdian/Indosport.com
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (tengah). Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (tengah).

INDOSPORT.COM - Pemainnya tak dipanggil perkuat Timnas sepak bola Indonesia untuk Piala AFF 2018, Robert Rene Alberts meminta PSM Makassar untuk buktikan kualitasnya di kompetisi teratas sepak bola Indonesia, Gojek Liga 1 Indonesia 2018.

Hal itu diungkapkan Robert Alberts saat kembali mendapat pertanyaan dari awak media di Surabaya, Jumat (09/11/18). Seperti diketahui, Timnas Indonesia yang akan berlaga di AFF Suzuki Cup tak mengikutsertakan satu pun pemain Juku Eja.

"Yah, karena kamu bertanya jadi saya harus jawab," ungkap pelatih asal Belanda ini.

Menurut Robert ia tak mengerti bagaimana standar layak atau tidak layaknya pemain masuk ke Timnas Indonesia.

Namun jika merujuk ke beberapa negara lain, hampir semua tim yang berada di 5 besar di Liga mendapat kesempatan membela Timnas.

"Siapa yang harus layak bermain di Timnas itu bukan urusan saya. Sebab, saya bukan pelatihnya. Namun saya tetap berharap yang terbaik untuk Timnas Indonesia," ujarnya.

Robert justru meminta agar para pemain Indonesia yang membela PSM Makassar menunjukkan kualitasnya di Liga 1 Indonesia. 

Ia juga tak mau menyalahkan siapapun terkait hal itu. Di satu sisi Robert pun memahami bahwa tim pelatih Indonesia mempunyai alasan kuat atas keputusan tersebut.

"Saya tidak mau menyalahkan Timnas atau siapapun itu. Jadi apa yang ingin saya tunjukkan adalah kekuatan tim saya yang notabene tidak ada pemain Timnas atau belum terlalu baik untuk Timnas agar menunjukkan sesuatu," jelasnya.

Ada pun pemain PSM Makassar yang sempat dipanggil membela Timnas senior Indonesia adalah Abdul Rahman. Namun belakangan namanya dicoret oleh Bima Sakti sebagai kepala pelatih.

Tim pelatih Timnas Indonesia lebih memilih nama-nama seperti Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Fachruddin Wahyudi Aryanto dan Alfath Fathier (Madura United), Bagas Adi Nugroho (Arema FC), dan Ricky Fajrin Saputra (Bali United) untuk dipersiapkan mengisi posisi stopper.

PSM Makassar sendiri memiliki pemain yang pernah dipanggil membela Timnas Indonesia dalam berbagai ajang. Termasuk Piala AFF 2016 seperti Ferdinand Sinaga.

Adapun nama-nama yang berlabel jebolan Timnas antara lain; Rahmat, Rasyid Bakrie, M. Arfan, Zulkifli Syukur, Rizky Pellu, Zulham Zamrun dan Hasyim Kipuw. Sedangkan untuk pemain muda yang tampil moncer bersama PSM Makassar musim ini, ada nama-nama seperti Reva Adi Utama dan Saldy Amiruddin.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT