Bola Internasional

Tim-tim yang Promosi dan Degradasi di UEFA Nations League

Selasa, 20 November 2018 12:17 WIB
Editor: Juni Adi
© UEFA
UEFA Nations League Copyright: © UEFA
UEFA Nations League

INDOSPORT.COM - Beberapa tim memastikan diri akan terdegradasi di ajang UEFA Nations League. Dua diantaranya adalah negara besar seperti Jerman dan Kroasia.

Sebanyak empat tim memastikan diri akan melaju ke babak semifinal turnamen sepak bola, UEFA Nations League yakni Belanda, Swiss, Portugal, dan Inggris yang masing-masing berlaga di Liga A. Semifinal sendiri baru akan dimulai pada Juni 2019 mendatang.

Kepastian tersebut didapat setelah keempatnya berhasil mengakhiri babak penyisihan  sebagai pemuncak klasemen. Di sisi lain, peringkat terbawah dari masing-masing grup di Liga A, B, C dan D akan mengalami nasib buruk yakni degradasi.

Salah satu tim besar yang mengalaminya adalah Jerman. Der Panzer terpaksa harus terjun ke Liga B setelah hanya mampu mengoleksi dua poin, dari empat laga yang dilakoni (2 imbang, 2 kalah).

Nasib serupa juga dialami oleh finalis Piala Dunia 2018, Kroasia. Di grup 4 Liga A, Kroasia hanya mampu mengoleksi empat poin, dari empat pertandingan hasil satu kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah.

Selain degradasi, sistem promosi juga berlaku. Adapun 

Sebagai tambahan informasi, UEFA Nations League sendiri adalah kompetisi internasional baru yang pesertanya adalah negara-negara Eropa hasil gagasan dari UEFA.

Perhelatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola internasional, dan mengurangi jumlah laga persahabatan yang dinilai tidak efektif untuk meningkatkan kualitas suatu tim nasional di Eropa.

© INDOSPORT
Gol Virgil van Dijk berhasil menyelamatkan Belanda dari kekalahan atas Jerman di UEFA Nations League, Selasa (20/11/18). Copyright: INDOSPORTGol Virgil van Dijk berhasil menyelamatkan Belanda dari kekalahan atas Jerman di UEFA Nations League, Selasa (20/11/18).

Adapun formatnya dibuat seperti liga, yang terbagi dalam empat kategori yaitu Liga A, Liga B, Liga C dan Liga D. Nantinya, masing-masing liga akan dihuni oleh beberapa negara, yang dibagi menjadi ke dalam beberapa grup.

Setiap tim yang berada di peringkat terbawah dalam masing-masing grup, akan terdepak ke liga dibawahnya. Misal Jerman, yang bermain di Liga A Grup 1. Musim depan akan terdegrasidasi ke Liga B Grup 1. Berlaku sebaliknya untuk tim promosi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%