Liga Inggris

Terbongkar, Jurus Spesial Sir Alex Ferguson untuk Intimidasi Lawan

Rabu, 21 November 2018 03:00 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Sir Alex Ferguson. Copyright: © Getty Images
Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Gary Neville masih memiliki banyak cerita tentang manajer sepak bola legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. Selain dedikasinya yang tinggi, Ferguson ternyata punya cara tersendiri untuk membuat calon lawannya terintimidasi di setiap pertandingan.

Sederhana saja, Ferguson ternyata hanya menampakkan diri di hadapan para skuat lawan dan juga staf wasit yang akan memimpin pertandingan. Namun efeknya ternyata luar biasa. Semua berkat aura Ferguson yang kuat.

“Dia punya kebiasaan berdiri di lorong sebelum pertandingan dan juga di depan ruang ganti. Dia lalu menyalami kami satu per satu,” kata Neville dalam acara sebuah acara podcast bertajuk Quickly Kevin, Will He Score?

“Namun saya tidak menyadarinya sampai saya ditunjuk menjadi kapten. Dia berdiri di lorong supaya terlihat oleh para pemain lawan dan juga wasit. Itu sebuah cara mengintimidasi,” kenang Neville.

Neville merupakan salah satu pemain Manchester United yang palig beruntung dapat bermain di bawah arahan Ferguson di era emasnya sebagai manajer. Ia pun tidak membantah bahwa Ferguson memiliki karisma yang spesial.

“Dia seorang figur yang kuat. Ide soal lorong tersebut merupakan keahliannya dalam hal psikologis,” ucap eks pemain yang kini berprofesi sebagai pandit tersebut.

Ferguson juga memerintahkan para pemainnya untuk menatap mata setiap pemain lawan ketika bersalaman. Tidak hanya itu, Ferguson pun menginstruksikan untuk menggengam erat tangan yang disalami tersebut.

“Dia selalu melakukan cara itu. Meski tidak selalu berhasil namun tidak pernah berhenti berharap," pungkasnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM