In-depth

Meramal ‘Kejatuhan’ Kompetisi Sepak Bola Terbaik Dunia, Liga Primer Inggris

Sabtu, 29 Desember 2018 11:31 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Istimewa
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: © Istimewa
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM - Sampai saat ini, Liga Primer Inggris masih terus menjadi role model bagi sejumlah liga sepak bola di dunia. Baik dari sistem pengaturan liga hingga pemain-pemain terbaik dunia yang dimiliki oleh klub-klub yang ada di sana.

Namun tak ada yang namanya keabadian. Nyatanya Liga Primer Inggris harus waspada terhadap isu yang kini menghantui mereka, dan bisa saja menjadi awal dari kejatuhannya. Brexit. Brexit sendiri merupakan istilah referendum yang datang dari kata Britain Exit.

Warga negara Inggris, Irlandia Utara, Wales, dan Skotlandia melakukan pemungutan suara untuk memutuskan apakah mereka akan keluar atau menetap di bawah lingkup Uni Eropa.

Inggris sebenarnya pernah melakukan hal serupa pada tahun 1975, dimana latar belakangnya berangkat dari sekelompok golongan yang menilai Uni Eropa terlalu mengatur kehidupan mereka.

Salah satu dari sejumlah alasan mengapa Inggris melakukan hal tersebut adalah prinsip Uni Eropa, yakni ‘Freedom Movement’. Prinsip ini yang kemudian membuat cukup banyaknya imigran masuk dan menetap di negara tersebut.

Lantas, bagaimana Brexit bisa menjadi ancaman mematikan bagi liga sepak bola terbaik yang ada di dunia sekelas Liga Primer Inggris? 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%