Bola Internasional

Momen Klasik: Rekor Clean Sheet Oliver Kahn Dicoreng Pemain Jepang

Sabtu, 9 Februari 2019 11:00 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Stuart Franklin/Getty Images
Selebrasi Naohiro Takahara usai pertandingan melawan Bayern Munchen. Copyright: © Stuart Franklin/Getty Images
Selebrasi Naohiro Takahara usai pertandingan melawan Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Jerman, Bayern Munchen, era 2000-an memiliki kiper tangguh bernama Oliver Kahn. Sosoknya begitu disegani lantaran kerap memamerkan beragam aksi heroik untuk menghindarkan gawang tim dari kebobolan.

Kahn pernah menciptakan rekor fantastis berupa clean sheet alias tak menderita kejebolan secara beruntun di Bundesliga. Catatan kiper terbaik Piala Dunia 2002 ini adalah delapan pertandingan (803 menit) pada edisi 2002/03.

Dia menajamkan rekornya sendiri yang diukir pada 1998/99 (736 menit). Keperkasaan Kahn runtuh saat meladeni Hamburg dalam laga pekan ke-20 akibat ulah striker ‘bau kencur’ asal Jepang, Naohiro Takahara.

Pertandingan yang berlangsung di tengah udara dingin menusuk tulang (minus enam derajat) tersebut sebenarnya berjalan sesuai harapan Munchen, paling tidak sepanjang 90 menit waktu normal.

Munchen unggul cepat melalui tandukan ringan Claudio Pizarro pada menit ke-11. Striker berkebangsaan Peru itu memenangi duel udara melawan bek Hamburg untuk menyambut umpan silang Ze Roberto dalam situasi sepak pojok.

Selepas gol Pizarro, Munchen juga menciptakan sejumlah peluang, tapi tak ada yang berbuah gol tambahan. Gempuran klub berjulukan Die Roten alias Si Merah itu agak kendur memasuki menit-menit penghabisan.

Situasi ini sukses dimanfaatkan oleh Hamburg. Umpan silang nan akurat Mehdi Mahdavikia diteruskan Takahara ke gawang Bayern menggunakan kepalanya pada menit ke-2 injury time. Buyar sudah kemenangan tuan rumah serta rekor clean sheet Kahn.

Bagi Takahara, gol tersebut seolah mengangkat beban berat yang ada di pundaknya. Itulah gol perdana striker berkepala plontos tersebut di Bundesliga semenjak bergabung dari Jubilo Iwata dengan menyandang status top scorer Liga Jepang 2002.

"Menjebol gawang kiper top seperti Oliver Kahn terasa luar biasa buat saya. Terlebih, inilah gol perdana saya di Bundesliga," ucap Takahara kala itu.

Perihal rekor clean sheet, Kahn kini sudah tak berhak lagi karena catatan miliknya telah dilampaui sang suksesor, Manuel Neuer pada 2009/10 (1.019 menit). 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM