Bola Internasional

Takut Disiksa, Pesepak Bola Tersangka Vandalisme Ogah Pulang ke Negaranya

Senin, 11 Februari 2019 21:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Crikey
Hakeem al-Araibi. Copyright: © Crikey
Hakeem al-Araibi.

INDOSPORT.COM – Pemain sepak bola asal Bahrain, Hakeem Al-Araibi, akhirnya dibebaskan oleh pemerintah Thailand dan diterbangkan kembali ke Australia setelah permintaan ekstradisi dibatalkan oleh negara asalnya.

Dilansir dari laman RFI, pemain berusia 25 tahun itu akhirnya dibebaskan dari penahannya selama 60 hari di penjara di Thailand dan kini tengah berada dalam pengawasan pihak Polisi Imigrasi.  

Menurut pernyataan Chatchom Akapin, direktur jenderal Departemen Urusan Internasional, pembebasannya ini terjadi menyusul permintaan ekstradisi yang dibatalkan pemerintah Bahrain pada hari Senin (11/2/19).

“Kami telah diberitahu bahwa Bahrain ingin menarik permintaan (ekstradisi), jika mereka tidak menginginkannya, kami tidak punya alasan untuk menahannya di sini,” kata Akapin kepada AFP.

Al-Araibi dilaporkan ditangkap di bandara Thailand dan ditahan sejak November lalu ketika ia akan kembali ke Australia setelah menikmati bulan madu bersama istrinya.

Pemain berusia 25 tahun kemudian menjadi pengungsi di Australia setelah berhasil melarikan diri dari hukuman penjara atas kasus penyerangan fasilitas publik yang dituduhkan kepadanya.

Bahrain, selama masa penahanan pihak Thailand itu, dilaporkan meminta agar Al-Araibi dipulangkan guna melanjutkan sisa hukuman. Namun, ia menolak dan memohon kepada Thailand agar tidak dipulangkan karena takut disiksa di negaranya.

Pemerintah Australia, dalam hal ini, turut menyerukan agar Al-Araibi tidak dipulangkan ke negaranya. Langkah ini didukung oleh Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) untuk mendesak dewan sepak bola Thailand campur tangan.

Di samping itu, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) membatalkan rencana tim nasional U-23 mengadakan kamp pelatihan di Thailand sebagai bagian dari aksi boikot terhadap kasus Al-Araibi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%