Liga Indonesia

Audit AFC Terkait dengan Lisensi Bersyarat PSM Makassar

Selasa, 12 Februari 2019 19:05 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Tim verifikator Liga Indonesia Baru, Surya Binanga mengatakan bahwa kedatangan Marcel dan Joern Schlimm (konsultan olah raga Ballympics) yang digandeng AFC ke Makassar beberapa waktu lalu terkait dengan lisensi klub.

Kunjungan ini sejatinya sudah biasa dilakukan oleh pihak AFC. Terkhusus kepada klub yang bakal berlaga di level Asia.

Surya yang dikonfirmasi sejumlah awak media di Makassar mencontohkan jika kegiatan ini persis dengan apa yang pernah dialami Persib Bandung dan Persipura Jayapura tahun 2014 silam.

“Kedatangan mereka memang untuk melihat kualitas standar klub. Jadi dua orang ini yang akan memberikan masukan kepada AFC dan klub lisensi PSSI terkait apa saja yang perlu diperbaiki,” ungkap Surya (12/02/19).

Anggota tim verifikator PT LIB juga mengakui, jika lisensi AFC yang didapat PSM Makassar beberapa waktu lalu belum lengkap. Karenanya, pihak AFC datang untuk melihat langsung.

“Pada proses lisensi tim sejak 2018 lalu, PSM memang masih dalam status bersyarat. Namun hingga kemarin memang masih ada yang kurang pemenuhan syaratnya,” ungkap Surya.

Terkait itu, Surya mengatakan bahwa hasil audit tersebut akan langsung diserahkan ke pihak AFC.

“Jadi keputusan nantinya akan kembali ke AFC. Mereka yang akan laporkan apa saja yang PSM sudah  submit ke sistem. Dan nantinya AFC akan berdiskusi dengan PSSI,” jelasnya.

Hal ini tak tak jauh beda dengan apa yang disampaikan sekretaris PSM Makassar, Widya Syadzwina, Senin (11/02/19) kemarin. Katanya kunjungan pihak AFC tersebut terkait dengan lisensi klub.

"Intinya kegiatan audit itu berkaitan dengan lisensi klub. Audit Kepatuhan dan standar kualitas dilakukan agar klub lebih paham hingga detail standar, kualitas dan kepatuhan lisensi klub," ungkapnya, Senin (11/02/19).

Wina sapaan akrabnya melanjutkan bahwa dalam kunjungan tim audit AFC itu, pihaknya berkesempatan mendapat ilmu dan pengetahuan baru menyoal persepakbolaan profesional. Ia berharap dengan adanya masukan-masukan PSM kedepannya bisa lebih baik.

"Kesempatan juga sharing banyak hal termasuk contoh yang terjadi di klub-klub luar negeri. Kita senang dengan adanya kunjungan seperti ini. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan juga supaya bisa lebih baik ke depan," bebernya.

Terus Ikuti Berita PSM Makassar dan Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT