Bola Internasional

Sejarah Tercipta! Kapten Timnas Norwegia Jadi Naturalisasi Pertama di Sepak Bola China

Jumat, 22 Februari 2019 16:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Goal
Pemain naturalisasi China berdarah Norwegia, Hou Saeter. Copyright: © Goal
Pemain naturalisasi China berdarah Norwegia, Hou Saeter.

INDOSPORT.COM - Langkah naturalisasi pemain sepak bola yang sudah di lakukan beberapa negara di Asia dalam beberapa tahun ke belakang ini akhirnya diikuti oleh negara besar China.

China menorehkan sejarah untuk pertama kalinya menaturalisasi pemain sepak bola, yakni pemain berdarah Norwegia, Hou Saeter.

Dengan usia yang sudah menginjak 21 tahun, Hou Saeter sudah memegang paspor negara kelahirannya Norwegia. Namun karena memiliki garis keturunan China dari ibunya, Hou Saeter yang kini berseragam klub Beijing Guoan akhirnya bisa mengubah kewarganegaraannya menjadi China.

Sebelum memperkuat Beijing Guoan, pemain yang memiliki nama China Hou Yongyong ini sudah malang melintang di Liga Norwegia bersama klu Rosenborg BK, Ranheim Il hingga terakhir memperkuat Stabek sampai Januari 2019 lalu.

Dengan naturalisasinya saat ini, Saeter sekarang memiliki peluang besar untuk bisa memperkuat Timnas China di level senior, sekalipun dirinya sempat memperkuat dan mengemban jabatan kapten Timnas Norwegia di level umur U-15 dan U-18.

Suksesnya naturalisai Saeter selain menjadi sebuah catatan sejarah untuk sepak bola China, tampaknya juga akan menjadi langkah awal Negeri Tirai Bambu itu untuk melakukan hal serupa kepada pemain-pemain lainnya yang memiliki garis keturunan China.

Selain Saeter, saat ini ada nama bek muda Inggris berdarah China, Tyias Browning yang mulai dilirik usai dirinya pindah dari Everton ke klub Liga Super Cina Guangzhou Evergrande.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT