Liga Indonesia

Menguak Sisi Humanis Pelatih Barito dan Awak Media: Akrab dan Tak Pelit Bicara

Sabtu, 9 Maret 2019 13:08 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

INDOSPORT.COM - Jacksen Ferreira Tiago dulunya dikenal sebagai striker garang yang haus gol di setiap pertandingan. Prestasi besar pun diukirnya kala masih menjadi pemain dengan membawa Persebaya Surabaya meraih trofi juara Liga Indonesia1997 silam.

Namun di balik cerita kegarangannya di masa lalu, Jacksen memiliki kepribadian yang baik. Pelatih Barito Putera yang kini berusia 50 tahun itu konsisten untuk humble kepada awak media plus tidak pernah pelit berbicara, apa pun kondisi dan situasinya.

"Selalu saja ada kalian (media). Pasti ada ya? Iya bagus lah," sapa dia tatkala didatangi awak jurnalis berita sport pada sesi latihan tim di Stadion Gajayana Malang, Jumat (08/03/19) sore.

"Tenang saja, ngobrol santai. Kita tunggu teman kalian yang masih wawancara dengan pemain saja ya. Biar sama-sama enak," sambungnya.

Pada latihan sore yang cerah itu, Jacksen pun sebenarnya berada dalam situasi yang tegang. Hal itu tampak dari opsi untuk mengambil kebijakan menggelar latihan secara tertutup dari media dan penonton umum.

Pasalnya, Gavin Kwan Adsit dkk tengah dituntut memasang konsentrasi tinggi jelang laga hidup mati melawan Persita Tangerang, Sabtu (09/03/19) ini.

"Tapi kan kalian sudah mengambil banyak gambar (saat dibuka 15 menit awal) tadi," selorohnya.

"Saya lihat tadi juga ada mata-mata yang memakai baju atletis berlari-lari di sekitar lapangan. Itu kalian atau bukan?," guraunya sebagai upaya mencairkan suasana.

Memenangi laga kontra Persita memang sedang diusahakan Barito Putera guna membuka peluang lolos menuju babak 8 besar. Tim Laskar Antasari masih tertahan di peringkat tiga Grup E setelah kalah 2-3 dari Arema FC di laga pertama.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM