Liga Indonesia

Bukti Cinta Klok Pada Indonesia: Belajar dari Kampus dan Lebih Paham Dialek Makassar

Kamis, 14 Maret 2019 16:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Instagram/@cas_day
Marc Klok dan Chacarel Day Copyright: © Instagram/@cas_day
Marc Klok dan Chacarel Day

INDOSPORT.COM - Gelandang PSM Makassar, Marc Anthony Klok menunjukkan rasa cintanya kepada Indonesia. Pemain kelahiran Belanda ini bahkan sudah cukup lancar berbicara Indonesia.

Sejak datang ke Indonesia, Klok mengaku langsung jatuh cinta dengan Indonesia. Bahkan dia berhasrat dapat dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

Rasa cinta Klok terhadap Indonesia memang bukan isapan jempol belaka. Dia rela mempelajari bahasa dan kultur Indonesia.

Terbukti baru tinggal tiga tahun, Klok sudah lancar berbicara dengan bahasa Indonesia. Yang menarik, Klok bahkan lebih paham berbicara dengan dialek Makassar.

"Itu karena saya harus komunikasi dengan teman, pemain, asisten pelatih, pelatih, dan orang lain. Saya juga mau cepat belajar Bahasa Indonesia," buka Klok.

© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Marc Klok berlatih secara terpisah di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Rabu (18/07/18). Copyright: Wira Wahyu Utama/Indosport.comMarc Klok saat berlatih bersama PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

"Maka dari itu, saya pergi ke universitas untuk belajar dan sekarang saya bisa bertanya dan mengerti. Tapi kalau untuk bertanya ke saya, harus pelan-pelan," tambah ia.

"Ada banyak dialek. Dan sekarang dialek Makassar mudah untuk saya. Jika ada orang Jakarta yang bertanya ke saya, harus pelan-pelan supaya saya mengerti," beber ia.

Kini dengan segala yang pelajara Klok berharap proses naturalisasinya segera beres. Dia sudah terlanjur jatuh cinta dengan Indonesia.

"Alasan utamanya karena saya suka negara ini. Sejak pertama kali tiba di Indonesia, masyarakat di sini sangat terbuka dengan saya."

"Saya masih muda, masih 25 tahun dan masih punya banyak waktu di negara ini. Jadi, alasan utama saya tetap berada di sini, salah satunya adalah dapat menjadi role model untuk pemain muda," tutup ia.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%